Bagun Kemitraan Mandiri, Oke-Oce Forever Pamekasan Bentuk Dua  Koperasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) SINERGI: Ketua Pengurus Daerah (KPD) Oke Oce Pamekasan Ali Hosnan, Plt Kepala Diskop UMKM Pamekasan Abdul Fata, dan Dewan Pembina Oke Oce Forever Pamekasan Lilis Rahmawati serta pengurus koperasi syariah. 

Kabarmadura.id/Pamekasan-Demi menggencarkan munculnya pegiat usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam menyejahterakan perekonomian rakyat secara mandiri melalui program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (Oke Oce ) Pamekasan mulai sinergi. 

Utamanya, perekonomian yang bergerak di bidang Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tabarok Shohibul Qorib dan Koperasi Serba Usaha (KSU) Syariah Bina Usaha Karomah. Kedua, koperasi tersebut diresmikan di Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (5/6/2020). 

Bacaan Lainnya

Ketua Pengurus Daerah (KPD) Oke Oce Pamekasan Ali Hosnan, mengaku sinergitas untuk membangun kemandirian dalam mewujudkan wirausaha baru dari pegiat UKM merupakan tujuan awal. 

Salah satu sasarannya, mendorong kesejahteraan masyarakat. Dengan komitmen memfasilitasi kemitraannya dengan UKM dan berbagai koperasi yang sudah terjalin kemitraannya dengan Oke Oce Pamekasan.

“Memang kami mencoba bersinergi salah satunya dengan koperasi yang baru diresmikan sekarang agar teman-teman UKM juga maju, karena terkadang UMKM masalah pertamanya, adalah pasar, ketika sudah dapat pasar baru modalnya,” ungkapnya.  

Pria yang memiliki usaha Ayam Geprek Be Queen itu, menjelaskan untuk target dari Oke Oce Forever  Pamekasan  yakni mampu melahirkan pengusaha yang unggul dan bisa berdikari. Sehingga berpengaruh terhadap berbagai persoalan ekonomi yang semakin lesu di tengah mewabahnya Covid-19.

“Targetnya akan lahir pengusaha yang unggul yang mandiri juga, sehingga salah satunya misalkan kebingungan di modal, jadi kita lahir pengusaha yang dilakukan dengan kerja sama ini,” jelasnya. 

Dengan demikian, Hosnan (sapaan akrabnya) berharap agar masyarakat proaktif untuk membangun usahanya. Sehingga semisal membutuhkan pinjaman permodalan bisa terfasilitasi dengan baik. 

“Dengan seperti itu, usaha yang dibangunnnya bisa berjalan lancar. Kami akan pantau mulai dari perencanaan, progresnya sampai sejauh mana. Akhirnya mereka bisa menjadi pengusaha mandiri,” harapnya. 

Sementara itu, Dewan Pembina Oke Oce Forever Pamekasan Lilis Rahmawati mengatakan, program Oke Oce Forever Pamekasan merupakan salah satu penggerak di bawah Oke Oce Indonesia. 

Salah satu misinya, menciptakan kewirausahaan yang berbasis kewirausahaan sosial, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan, mengurangi kesenjangan ekonomi,  serta membantu UMKM Naik Kelas. 

“Kami membuka peluang seluas-luasnya bagi para UMKM yang memang mau bergabung untuk dibina oleh kami,” ulasnya. 

Sejauh ini sudah ada 40 UMKM yang sudah masuk binaannya. Menurutnya hal itu dilakukan sebagai wujud komitmen untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pamekasan.

“Ada tujuh pilar yakni; pembinaan, pelatihan, permodalan, pemasaran, dan lainnya, untuk pembinaan UMKM di Pamekasan,” ulasnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Diskop UMKM Pamekasan Abdul Fata mengapresiasi iktikad baik yang terus disinergikan untuk pengembangan UMKM Pamekasan. Sehingga mampu berkontribusi positif untuk Pamekasan.

“Kehadiran kami akan memberikan fasilitasi dalam hal pendidikan dalam pengemasan, produksi, bahkan pemasaranya pun akan kami fasilitasi,” responnya. (rul/ito/waw*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *