oleh

Bahaya Ketidakharmonisan Hubungan Keluarga

Peresensi         : Supadilah

Setiap keluarga perlu menjaga keutuhan keluarga. Perlu berpikir ulang sebanyak-banyaknya jika akan saling menghianati pasangannya. Tidak sedikit kasus ketidakharmonisan keluarga akan berpengaruh pada keluarga besarnya masing-masing pihak. Dan jangan lupa anak-anak bisa menjadi pihak yang paling menderita jika ketidakharmonisan itu terjadi.

Delapan tahun, hubungan Maharani (Ara) dan Danu dalam kondisi yang tidak normal. Orang mengira mereka sebagai pasangan paling bahagia. Serasi. Cantik dan tampan. Karir pendidikan dan pekerjaan sukses. Mereka berhasil lulus dan bekerja di luar negeri. Bahkan dari pernikahan mereka, lahirlah Adrien sang buah cinta.

Namun, sejak di atas pelaminan, keduanya telah kontras. Ara sangat bahagia dengan pernikahan itu, sedangkan Danu tidak. Tidak lain karena pernikahan itu atas perjodohan kedua orang tua mereka. Sejak dulu, hati Dani hanya untuk Lucy Makaila.

Hubungan mereka pun hambar. Hampir tidak ada waktu dan perhatian Danu untuk Ara atau Adrien. Pekerjaan dan Lucy, itulah yang selalu ada dalam benak Danu. Bahkan saat family time pun, tidak sedikitpun perhatian Danu diberikan kepada kedua sosok yang harusnya paling dia sayangi.

Saat Fatima, ibunya sakit,  Danu pulang ke Indonesia. Tanpa Ara dan Adrien. Di rumah sakit, Danu bertemu dengan Lucy. Sosok yang selama ini ia cari dan rindukan. Kesempatan yang sudah sejak lama dinantikan ini pun menjadi penyebab semakin buruknya keharmonisan keluarganya.

Ara dan Adrien menyusul ke Indonesia. Di rumah sakit, Ara memergoki suaminya sedang memeluk Lucy. Ara maran. Namun tidak bisa berbuat banyak. Danu mendapat tawaran proyek dari sahabatnya, membuat dia akan tinggal lebih lama di Indonesia. Lucy merasa mendapat kesempatan untuk mendapatkan kebahagiaan yang dulu direnggut darinya. Fatima, dengan cara menyakitkan telah meminta Lucy menjauhi Danu.

Danu menjadi lebih sering bersama Lucy, dan menjauh dari Ara. Satu ucapak cerai dikatakan Danu. Dalam kesempatan reuni, Danu dibuat marah karena Ara dekat dengan Aryo. Padahal, sudah beberapa kali Danu bepergian dengan Lucy. Malam itu, Ara pun melayangkan permintaan cerai pada Danu.

Mampukah mereka bersandiwara di depan Fatima agar kelihatan baik-baik saja hubungan mereka? Sementara, di reuni itu telah tersebar perselingkuhan Danu dengan Lucy. Akankah Lucy memanfaatkan kesempatan itu untuk membalas sakit hatinya pada Fatima? Akankah permintaan cerai dari Ara menjadi kesempatan Danu untuk lepas dari Ara? Lalu bagaimana dengan Adrien yang saat itu beranjak paham dengan apa yang terjadi pada kedua orangtuanya?

Novel ini menyumbang kesadaran untuk kita bahwa tidak boleh main-main dengan pernikahan. Apalagi jika pernikahan itu sudah dilangsungkan, apapun motif pernikahan itu, maka kedua pasangan suami istri harus berusaha mempertahankan pernikahan mereka.

Lewat Placebo, kiranya penulis mengingatkan pada pasutri untuk saling setia, tak membiarkan hati dan pikiran mereka dipenuhi oleh orang lain. Bahaya sangat besar: tidak punya waktu untuk keluarga, abai pada tanggung jawab, menyiakan anak, pertengkaran keluarga, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga perceraian.

Novel ini tepat seperti yang terjadi di negara kita, tentang maraknya kasus perceraian yang jumlahnya semakin meningkat. Pada tahun 2015 berdasarkan data dari Kemenag ada 398.245 gugatan, terdiri dari 113 ribuan gugatan talak oleh suami, sedangkan 281 ribu lebih oleh istri. Kemudian, pada tahun 2017 meningkat menjadi 415.898 gugatan cerai. Placebo semoga dapat memotivasi pasutri mengupayakan keharmonisan keluarga. Biasanya, anak merupakan pihak yang paling berdampak dari perceraian orangtuanya. Lebih buruk, kondisi orang tua sangat mempengaruhi anak. Jangan jadikan anak sebagai generasi yang hancur karena keluarga yang berantakan.

Judul               : Placebo

Penulis             : Pia Devina

Penerbit           : Noura Publishing

Tebal               : 287 halaman

Cetakan           : 1, Maret 2019

ISBN               : 978-602-385-782-1

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed