Bangkalan Kembali Berlakukan Jam Malam bagi Warganya

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) DIBUBARKAN: Tim gabungan penegak disiplin Bangkalan mendatangi sebuah cafe mengkroscek penerapan protkes, Selasa (29/6/2021).

KABARMADURA.ID, BANGKALAN- Usai mengalami lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mulai memberlakukan jam malam kembali. Kali ini, pembatasan jam malam tersebut ditujukan kepada seluruh pelaku usaha. Mereka wajib menutup kegiatan sampai pukul 21.00 malam.

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengatakan, pemberlakuan ini imbas adanya pengetatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

“Ada batasan jam operasional bagi mereka, juga kami akan menggalakkan lagi operasi yustisi melalui penegak disiplin,” katanya.

Teknis dan realisasi pemberlakuan jam malam akan dikaji dan disosialisasikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) beserta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bangkalan. Sehingga, dengan adanya kebijakan ini, diharapkan dapat menekan penyebaran wabah Covid-19.

“Bangkalan masuk zona penanganan yang harus memberlakukan jam malam,” jelas pria dengan sapaan Ra Latif ini.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP Bangkalan Ari Murfianto mengatakan, dalam giat penegakan PPKM itu, Satpol PP Bangkalan bergabung dengan tim dari TNI dan Polri yang diperbantukan di pos kecamatan maupun kelurahan. Dalam mengadakan operasi itu, lebih mengedepankan sosialisasi.

“Jadi sementara operasi yang dilakukan pada lokasi dengan potensi kerumunan dulu,” ungkap Ari sekaligus memberi tahu bahwa cara persuasif yang digunakan adalah dengan mengingatkan kepada pada pelaku usaha untuk melaksanakan protkes dan membatasi jam operasinya.

Pemberlakukan jam malam itu untuk semua pelaku usaha. Walaupun dalam pelaksanaannya masih ditemukan deviasi, maka fungsi pendekatan melalui operasi dan sosialisasi. Semua pelaku usaha dan masyarakat diharapkan patuh dan disiplin dalam berbagai hal, khususnya penerapan jam malam ini.

Sedangkan kemungkinan ada penutupan jalan lagi seperti sebelumnya, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bangkalan AKP Abdul Aziz Sholahuddin mengaku belum bisa menastikan itu. Katanya, saat ini masih dalam tahap pembahasan dengan Bagian Ops Polres Bangkalan.

“Skema penutupan jalan yang akan mengatur nanti Bagian Ops, masih kami rapatkan,” tandasnya bahwa penutupan arus lalu lintas hanya jika memang diperlukan. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *