oleh

Bangkalan Masuk Wilayah Zona Kuning, Pelanggar Protkes Menurun namun Angka Pasien Covid-19 Terus Naik

KABARMADURA.ID, Bangkalan – Sejak Sabtu, (24/10/2020) Bangkalan berubah warna zona menjadi kuning. Namun, perubahan ini tidak membuat  pasien yang terinfeksi covid-19 menurun. Terbaru, totalnya sejak tanggal 24 Oktober itu ada 595 orang dengan kesembuhan 468 pasien.

Kepala Polres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menyampaikan, meski pasien Covid-19 terus bertambah, pelanggar protokol kesehatan (protkes) menurun. Hal tersebut dibuktikan karena setiap operasi yustisi hanya 5 sampai 8 orang yang tidak memakai masker.

“Biasanya baru 3 jam melakukan razia bisa capai 15 orang yang terjaring melanggar protkes. Sekarang hanya segitu,” ujarnya.

Meski Bangkalan sudah memasuki zona warna kuning, dia meminta, masyarakat untuk tetap menerapkan protkes. Sebab, perubahan warna ini bisa sewaktu-waktu berubah. Tetapi, dia berharap, Bangkalan terus menjadi zona kuning kemudian menjadi zona warna hijau.

“Karena perubahan warna ini tergantung juga pada kedisplinan masyarakat, kami minta tetap taati protkes dimanapun berada,” harapnya.

Katanya, operasi yustisi ini akan tetap dilakukan selama Bangkalan benar-benar tidak ada penambahan lagi pasien covid-19. Kesadaran masyarakat juga perlu ditingkatkan agar kedepannya tidak ada lonjakan pasien covid-19 lagi.

Sementara itu, pasien aktif yang masih dirawat yakni ada sekitar 60 pasien. Sedangkan, pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia sejak kasus pertama mencapai 67 pasien. Humas Satgas Covid-19 Bangkalan Agus Zein menuturkan, selama ini masyarakat Bangkalan sudah mulai terbiasa dengan protkes dalam kegiatan sehari-hari.

“Dampak dari operasi yustisi ini signifikan juga, masyarakat mulai terbiasa mematuhi protkes setiap berkegiatan di luar rumah,” tukasnya.

Kendati ada tambahan 10 orang pasien dari kluster Nakes, Agus menambahkan, hal tersebut merupakan imbas swab massal yang sebelumnya dilakukan oleh rumah sakit Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Bangkalan. (ina/mam)

 

Komentar

News Feed