oleh

Bangun Rumah Masyarakat, Bupati Bangkalan Turlap

KABARMADURA.ID, Bangkalan –Moh. Yusuf (35) warga Kelurahan Pangeranan, Kabupaten Bangkalan bertahun-tahun hidup menumpang. Dia tidak memiliki tempat berteduh atau rumah sebagai tempat tinggal.

Sebelumnya, Yusuf bersama orang tuanya menumpang pada orang. Namun setelah orang tua Yusuf meninggal, dia tidak bisa lagi menempati rumah itu. Karena pemiliknya sudah meninggal dunia. Sehingga mereka harus pindah oleh ahli warisnya.

Mengetahui kondisi Yusuf, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron berinisiatif untuk membangunkan rumah di atas tanah Yusuf. Ra Latif menerangkan, program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebenarnya sudah dicanangkan pada tahun ini.

Namun, akibat wabah Covid-19, anggarannya di refocusing. Sehingga program RTLH tidak bisa direalisasikan tahun ini. “Karena terlalu lama jika dibangun tahun depan maka kami bantu sekarang secara swadaya dari masyarakat,” kata Ra Latif, Kamis (22/10/2020).

Ra Latifmenegaskan, bantuan RTLH secara swadaya itu prakarsai oleh Lukman Hakim seorang tokoh masyarakat setempat. Dia mengaku sangat bangga atas inisiatif Lukman Hakim untuk membantu sesama warga kurang mampu di Bangkalan dan menyatakan siap membantu.

“Sangat bagus, dan kami apresiasi kepada pak Lukman. Karena kami butuh pemuda-pemuda yang peduli sesama dan saya siap untuk membantu,” imbuhnya.

Sementara itu, Lukman Hakim seorang tokoh masyarakat mengaku, tidak tega melihat kondisi tetangganya  yang tidak memiliki tempat tinggal dan berinisiatif mengajukan bantuan melalui program RTLH ke pemerintah Bangkalan.

“Tapi karena sudah tidak bisa, pak bupati mau membantu dengan dana pribadi membangunkan rumah Yusuf sampai selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Yusuf mengaku sangat senang atas kepedulian Ra Latif yang telah membantu dirinya membangun rumah. “Terimakasih sebesar-besarnya kepada bapak Bupati atas bantuannya, semoga berkah,” tandasnya. (km56/ito)

 

 

Komentar

News Feed