oleh

Bank Jatim Sumenep Pilih Cara Unik Peringati HUT RI

Kabarmadura.id/SUMENEP-Tidak hanya seremonial, cara di luar kebiasaan dipilih Bank Jatim Cabang Sumenep untuk mengemas peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75.

Bank milik masyarakat Jawa Timur ini menghibahkan mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM) kepada pemerintah daerah. Bagi Bank Jatim, itu adalah cara memerdekakan masyarakat dalam memudahkan pelayanan, terlebih pada pengurusan dokumen kependudukan.

Pimpinan Bank Jatim Cabang Sumenep Sigit Tri Atmoko menyampaikan, salah satu refleksi kemerdekaan adalah bergandeng tangan dengan pemerintah setempat dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Seperti bantuan mesin ADM, bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. Terutama pada pembuatan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil,” katanya, Selasa (18/8/2020).

Terdapat tiga fokus yang menjadi perhatian dari Bank Jatim, di antaranya bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial. Sehingga pelaksanaan corporate social responsibility (CSR), juga sebagai rasa tanggung jawab perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana keinginan leluhur terdahulu.

Mesin yang dihibahkan itu, sehingga dengan pertimbangan efisiensi waktu dan memudahkan pelayanan, maka diberikanlah mesin ADM.

”Seperti itu memang komitmen kami sebagai bank partner pemerintah sejak dulu sampai di 2020 ini sepakat untuk mempercepat proses pelayanan masyarakat, salah satunya dari dokumen kependudukan,” imbuhnya.

Maka di momen perayaan HUT RI ke-75 ini, bantuan tersebut selain memudahkan pelayanan, juga diharapkan menjadi atau bernilai edukasi kepada masyarakat, yaitu dalam mensyukuri perjuangan pahlawan terdahulu yang mempunyai misi untuk kenyamanan masyarakat.

Dia menambahkan, hasil nyata terhadap pembangunan di pemerintah daerah adalah terwujudnya pembangunan yang juga bisa dilihat dari sisi peningkatan pelayanan pada masyarakat.

Melalui mesin tersebut, dokumen kependudukan bisa diakses dengan mudah selama 24 jam. Mulai dari e-KTP, KIA, akta kelahiran, akta kematian, surat perceraian, kartu keluarga, surat keterangan pindah, dan dokumen-dokumen lainnya.

Selaku penerima bantuan tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Dispendukcapil) Sumenep R. Ach. Syahwan Effendy berjanji akan memaksimalkan fungsi bantuan tersebut seperti harapan dari Bank Jatim. Sehingga sinergitas ini adalah cara atau metode yang memang diharapkan oleh pemerintah.

”Terima Kasih kepada Bank Jatim Cabang Sumenep yang dipimpin oleh pak Sigit, sudah memberikan mesin ADM dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Syahwan juga meminta agar masyarakat semakin meningkatkan kesadaran untuk kepemilikan dokumen kependudukan. Saat ini untuk mengurus lebih mudah dan memutus antrean panjang para pengurus legalitas diri. (ara/waw)

Komentar

News Feed