oleh

Banpol Capai Rp1,4 M untuk 11 Parpol, Tidak Dipotong Penanganan Covid-19

Kabarmadura.id/Bangkalan-Dana Bantuan Politik (Banpol) di Bangkalan tahun ini mencapai Rp1,4 miliar untuk 11 parpol. Tetapi, hingga saat ini masih ada 5 parpol saja yang masih menyerahkan proposal pencairannya. Lima parpol yang sudah menyerahkan proposal itu yakni Partai Gerindra, PDIP, Demokrat, PKB dan  Perindo. Hingga saat ini, masih menunggu proposal dari 6 partai lainnya untuk dikirim ke Bakesbangpol.

“Yang mendapatkan dana banpol tahun ini parpol yang memperoleh kursi di DPRD Bangkalan,” ujar Kepalan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bangkalan, Bambang Setyawan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, meski ada wabah Covid-19, dana banpol kali ini masih sama dan tidak ada pemangkasan untuk penanganan Covid-19 sehingga dana banpol untuk 11 partai di Bangkalan akan tetap utuh.

Dana ini nantinya digunakan untuk merealisasikan pendidikan politik dan harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Bambang mengatakan, meski dalam masa wabah, pendidikan politik harus tetap digelar. Tetapi, dia mengingatkan, pelaksanaan pendidikan politik tahun ini akan berbeda dari sebelumnya.

“Pendidikan politik nantinya harus melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” jelasnya.

Pihaknya akan memberikan waktu hingga akhir bulan agar pendidikan politik bisa segera dilaksanakan. Sedangkan bagi parpol lainnya yang belum mengirimkan proposal, ia meminta akhir akhir bulan Juni ini segera menyetorkannya.

Jika seluruh proposal sudah diterima, maka, kata Bambang, verifikasi akan dilakukan awal bulan Juli. Jadi, pencairan paling lambat pada akhir Juli. Sedangkan, bagi parpol yang terlambat menyetorkan proposal kegiatan, tidak ada sanksi. Hanya saja, akan ada keterlambatan pencairan.

“Kami sudah lakukan monitoring ke masing-masing sekretariat, agar bisa membantu ketika ada kendala,” tutupnya. (ina/pai)

 

Komentar

News Feed