Banpol Sumenep Belum Ditentukan

  • Whatsapp
KM/Ist Pasca Pemilu: Dana Banpol belum dicairkan oleh Bakesbangpol Sumenep

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dana bantuan partai politik (banpol) belum direalisasikan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sumenep. Alasannya, dana tersebut akan disesuaikan dengan perolehan suara.

Lambatnya dana banpol mendapat kritik dari Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep  R Ach Djoni Tunaidy. Menurutnya, pemerintah cenderung mencairkan dana pada bulan delapan, begitu juga dengan banpol tersebut.

“Itu kan dana APBD murni, harusnya cepat dicairkan, masih mau menunggu apa lagi, kalau perlu bulan lima ini sudah cair,” ungkap Djoni saat dihubungi, Rabu (8/5).

Djoni menambahkan bahwa dana untuk parpol itu seharusnya sudah direncanakan sejak dahulu biar tidak selalu molor pencairannya dan berbagai kegiatan yang menggunakan dana tersebut bisa cepat direalisasikan.

Sementara itu, Plt Kepala Bakesbangpol Sumenep Muhammad Warsono membenarkan bahwa dana banpol tersebut masih belum dicairkan. Pihaknya masih rapat diinternalnya mengenai segala sesuatunya dan nominal yang akan diberikan.

“Ini sekarang masih dirapatkan (untuk penentuannya, red), nominal dana akan disesuaikan dengan jumlah  perolehan suara yang mendapatkan kursi,”ungkapnya saat dihubungi, Rabu (8/5).

Pada periode sebelumnya, nominal bantuan politik adalah Rp1.500 per suara yang diberikan kepada partai pengusung, sehingga jumlah keseluruhannya menghitung  jumlah suara yang didapat saat pemilihan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri ( Permendagri) Nomor 77 Tahun 2014, dana tersebut 60 persen dialokasi untuk pendidikan politik, kepentingan kader partai, dan untuk kepentingan masyarakat umum. (mad/rei)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *