Bansos Guru non ASN di Sumenep Tertahan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) BUTUH KESABARAN: Pencairan bansos guru non ASN masih belum bisa dicairkan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Pencairan dana bantuan sosial (bansos) khusus guru non  aparatur sipil negara (ASN) masih belum terealisasi. Alasannya, masih menunggu perubahan anggaran keuangan (PAK) selesai. Sementara tercatat guru non ASN sekitar 6.319 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Muhamad Iksan mengatakan, jika PAK sudah dapat ditandatangani antara legislatif dan eksekutif, maka bansos untuk guru non ASN biksa langsung dicairkan. Diprediksikkan PAK selesai pada Selasa (28/9/2021). Setelah itu tinggal menunggu evaluasi gubernur. “Jadi pada pertengahan Oktober 2021 insya Allah terlaksana,” katanya, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, untuk 6.319 guru non ASN dianggarkan dana senilai Rp7.582.800.000. Masing-masing guru mendapatkan Rp1,2 juta. Bantuan tersebut merupakan dukungan pemerintah di masa Covid-19.

Menurut Iksan, pencairan nantinya bukanlah secara tunai. Akan tetapi melalui sejumlah bank yang sudah bekerjasama dalam penyaluranya.

“Semoga bansos tersebut dapat bermanfaat bagi para guru yang sangat memprihatinkan,” ucap dia.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Mohammad Saidi menambahkan, bansos bagi guru non ASN akan segera dicairkan. Harapannya, para guru dapat mengajar secara profesional serta dapat mendidik para siswa dengan telaten.

“Bagi guru non ASN masing-masing akan mendapatkan Rp1,2 juta,” paparnya.

Sementara itu Kasubbag Penyelenggaraan Tugas Pembantu Disdik Sumenep Tri Fathanah menegaskan, bansos guru non ASN untuk guru sekolah di antaranya PAUD, TK, MI, MD, Mts, SDN, SMPN, SMPI , SDI dan lainnya.

“Ini untuk guru non ASN swasta dan guru negeri. Intinya setiap guru non ASN di Sumenep pasti mendapatkan itu,” tukasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Reperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 sudah hampir selesai. Sehingga, semua kegiatan yang di PAK akan segera rampung, termasuk bansos khusus guru non ASN.

“Hari Selasa (28/9/2021) nanti akan selesai penandatanganan. Insya Allah Oktober sudah dapat dicairkan,” pungkasnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *