oleh

Bantu Pencegahan Covid-19, New Spantin Bagikan 1.000 Masker

Kabarmadura.id/Pamekasan – Wabah Covid-19 di Kabupaten Pamekasan masih belum teratasi. Hal itu menggugah komunitas bersepeda New Spantin menggelar ‘Gerakan 1.000 Masker’. Pembagian masker tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan anggotanya sembari bersepeda, Sabtu (19/4/2020) sore.

Diketahui, berdasarkan data Pemerintah Provinsi Pemprov) Jawa Timur (Jatim) per-Sabtu (18/4/2020), di Kabupaten Pamekasan terdapat 5 orang terinfeksi Covid-19, 2 orang pasien dalam pengawasan (PDP), dan 94 orang dalam pantauan (ODP).

Pembagian masker tersebut dilakukan di beberapa titik, seperti depan kampus Institut Agam Islam Negeri (IAIN) Madura, eks-Stasiun PJKA Pamekasan, depan Perpustakaan Umum Daerah, dan di depan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

Ketua New Spantin Abul Hayat menjelaskan, gerakan 1.000 masker itu tidak terlepas dari kondisi warga yang masih banyak tidak menggunakan masker ketika keluar dari rumah. Tak ayal, dia dan anggotanya membagikan kepada orang yang tidak menggunakannya.

“Berangkat dari hati kami ingin membantu membendung penyebaran virus ini (Covid-19), agar tidak meluas ke mana-mana. Kami juga melihat masih banyak yang tidak menggunakan masker. Kami bagikan kepada mereka agar kesadarannya juga ada dan yang nggak punya bisa punya,” ucapnya kepada Kabar Madura.

Abul menceritakan, pengumpulan masker itu dari sumbangan anggota komunitas yang sudah berdiri sejak 1993 itu. Serta, berasal dari sejumlah masyarakat Kecamatan Tlanakan, Pamekasan yang tergugah ikut menyumbangkan anggaran dalam pembelian masker tersebut.

“Jumlahnya ada 1.000 masker. Kami bagikan di beberapa titik di Pamekasan. Masker ini, kami dari New Spantin sendiri, dari anak-anak komunitas dan ada juga beberapa masyarakat (Kecamatan) Tlanakan yang ikut berpartisipasi,” sambungnya.

Sebelumnya, Komunitas New Spantin ini melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Perumahan Tlanakan Indah Pamekasan, yang bekerjasama dengan Madura United, guna mencegah penyebaran Covid-19 di Pamekasan. (idy/nam)

Komentar

News Feed