Bantuan Alat Tangkap Ikan di Bangkalan Terbatas

(KM/FATHURROHMAN) Edy Sattovit Wahyudi-Kabid Nelayan Diskan Bangkalan

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Bantuan untuk kelompok usaha bersama (KUB) perikanan, berupa bubu atau alat tangkap rajungan hanya dianggarkan Rp70 juta. Dana tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan (Diskan) Bangkalan, Edy Sattovit Wahyudi, Kamis (10/3/2022).

Menurutnya, bantuan bubu rajungan diperuntukkan bagi nelayan yang memang masuk daftar KUB  di instansinya. Sedangkan tahun ini, hanya mampu merealisasikan dua KUB di Kecamatan Arosbaya. Sebab realisasi bantuan disesuaikan dengan pengajuan. Namun secara umum, di daerah yang identik dengan slogan Kota Salak terdapat 158 KUB perikanan.

Ratusan KUB tersebut, tersebar di 10 kecamatan wilayah pesisir pantai. Bantuan akan diberikan sesuai dengan kebutuhan KUB. Sebab di setiap wilayah pesisir hasil tangkapan laut berbeda. “Di Arosbaya itu memang hasil laut yang melimpah jenis rajungan, jadi kalau bubu itu diperuntukkan pada KUB lain,  akan mubazir. Karena tidak semua KUB penghasil rajungan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu salah satu nelayan asal Bangkalan, Agus berharap, nantinya bantuan untuk KUB perikanan bisa lebih diperhatikan. Sehingga tidak hanya penghasil rajungan yang bisa tercakup bantuan. Melainkan, adanya bantuan bisa dirasakan oleh semua nelayan di Bangkalan. “Kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah, apalagi di wilayah kota saja banyak jaring nelayan yang rusak akibat penggunaan trawl oleh nelayan luar. Tentu kami juga berharap ada perhatian,” responnya.

Reporter : KM63

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.