Bantuan Alsintan dari DBHCHT di Pamekasan Hanya Sasar Tiga Poktan

News84 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Realisasi bantuan alat mesin pertanian (alsintan) tahun ini hanya menyasar tiga kelompok tani (poktan). Alat mesin yang bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBCHT) ini berupa cultivator. 

Menurut Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, Nolo Garjito, bantuan alat mesin itu telah diterima oleh masing-masing poktan. Dua  poktan berasal dari Waru dan satu poktan lainnya berasal dari Kecamatan Pakong. Dikatakannya, tidak ada kendala yang cukup signifikan dalam proses pencairan alat mesin tersebut.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Penentuannya menggunakan katalog, sesuai dengan pengajuan poktan. Kemudian ke penyedia barang dan ke pihak perencanaan. Proposal kontraknya November terakhir. Tapi minggu lalu, tiga cultivator sudah terealisasi,” ungkapnya saat ditemui Kabar Madura, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga:  Bayi yang Ditemukan di dalam Tas Akan Dirujuk ke PSAB Sidoarjo

Nolo menjelaskan, poktan yang sudah pernah mendapatkan bantuan alat mesin pertanian sebelumnya tidak bisa mengajukan lagi. Hal itu dilakukan agar bantuan itu bisa mengkaver keseluruhan poktan yang ada di Pamekasan.

Namun, dilanjutkan Nolo, poktan bisa mengajukan proposal bantuan lagi apabila selama tiga tahun bantuan alat yang diperoleh tidak bisa difungsikan dengan menunjukkan dokumentasi pendukung. Untuk tahun depan, pihaknya  akan mengajukan 75 hingga 100 handtraktor untuk menunjang kemajuan kesejahteraan petani.

“Total ada 1.014 poktan. Yang sudah dapat tahun sekarang tidak bisa mengajukan proposal bantuan untuk tahun depan. Kecuali setelah tiga tahun kemudian dan alatnya sudah rusak, bisa mengajukan lagi. Tahun kemarin saya kurang tahu berapa poktan yang dapat bantuan,” tegasnya.

Baca Juga:  Tantangan Lucas Firgeri Jaga Asa Madura United FC Bersaing di Puncak Klasemen Liga 1 BRI 2023-2024

Pewarta: Safira Nur Laily   

Redaktur: Sule Sulaiman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *