oleh

Bantuan Gempa Raas Masih Menunggu Surat Pemprov

Kabarmadura.id/SUMENEP-Bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep masih menggantung. Bantuan yang disalurkan kepada para korban gempa di Pulau Raas hanya berupa sembako, sedangkan bantuan stimulannya mesih belum karena menurut Ketua BPBD Rahman Riadi, menunggu keputusan secara tertulis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Pemerintah Provinsi kemarin masih mau dirapatkan lagi katanya. Kalau pemerintah provinsi memang tidak mau membantu untuk bantuan stimulan, ya pastikan, surat kita dibalas secara tertulis, jangan diambangkan,” ungkap Rahman saat dihubungi.

Rahman menambahkan bahwa sebelumnya pihak pemprov mencanangkan bantuan, bahkan sudah ada tim verifikasi dan Dinas PU Cipta Karya Provinsi Jawa Timur yang turun langsung ke lapangan, namun meskipun demikian tidak ada kejelasan sampai saat ini bagaimana tindak lanjutnya.

Jauh hari, tambah Rahman, pihaknya telah melayangkan surat perihal benca alam tersebut, bahkan juga dilampirkan surat tanggap darurat dari  bupati. Lamanya respon dari pihak pemprov tersebut membuat pihak BPBD serba gamang dalam melakukan tindakan.

Ketua BPBD tersebut mengaku ingin mengambil tindakan dengan mengirim surat ke bupati untuk mengajukan dana intensif kepada para korban gempa, tetapi ia mengaku tidak memiliki dasar tentang hal itu. Akan tetapi, jika dari pihak pemprov tidak ada kepastian, pihaknya akan tetap mengajukan untuk mengambil alih.

Rumah-rumah terdampak gempa menurut Rahman rata-rata rusak sedang dan rusak ringan, tidak ada rusak berat. Meskipun demikian, ia tetap menginginkan komitmen pihak pemprov terhadap para korban gempa. (mad/rei)

Komentar

News Feed