Bantuan Hewan Kurban Capai Rp320 Juta

  • Whatsapp
KM/DOKUMEN PROSES LELANG: Bantuan hewan kurban yang disediakan oleh Pemkab Sampang tahun ini dianggarkan Rp320 juta.

Kabarmadura.id/Sampang-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) setempat mengungkapkan, bantuan hewan kurban tahun ini baru memasuki tahap lelang, sebab pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp320 juta.

Data yang dihimpun Kabar Madura dari laman LPSE Kabupaten Sampang menunjukkan, peserta lelang pengadaan barang bantuan, berupa hewan kurban pada parayaan Iduladha mendatang sebanyak 15 peserta dengan kode lelang 3237413. Sementara nilai pagu paket Rp320.000.000 dengan nilai HPS paket Rp319.077.000.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Sekretariat Pemkab Sampang Tholkhah mengatakan,, pengadaan bantuan hewan kurban harus melalui proses lelang terbuka. Sementara jumlah penerima bantuan tahun ini ada 18 kelompok masyarakat yang tersebar di 14 kecamatan. Untuk proses penyaluran bantuan dilakukan melalui masjid jamik di masing-masing Kkecamatan.

Kata Tolkhah, untuk mendapatkan bantuan qkurban tersebut, kelompok masyarakat harus mengajukan kepada bupati. Setelah itu, pihaknya akan melakukan verifikasi kelayakan penerima, baru setelah itu ditentukan kelompok penerimanya.

”Tahun ini pagu bantuan hewan kurban sebesar Rp320 Jjuta untuk 18 kelompok penerima. Namun saat ini masih tahap lelang pengadaan barangnya,”ucap Tolkhah saat dikonfirmasi Kabar Madura, kemarin (8/7).

Ia menjelaskan, pagu bantuan kurban tahun ini, sejatinya lebih kecil dari tahun sebelumnya, karena pada tahun 2018, pagu anggaran bantuan hewan kurban yang disediakan oleh Pemkab Sampang mencapai Rp400 Juta. Akan tetapi, hanya terserap sekitar Rp100 juta, sesuai jumlah pemohon yang layak mendapatkan bantuan.

Secara aturan, proses penganggaran bantuan hibah berupa hewan kurban tersebut, harus sesuai dengan jumlah proposal permohonan dari masyarakat yang masuk ke instansinya. Anggaran pengadaan hewan kurban tahun ini, disesuaikan dengan jumlah pengajuan di tahun sebelumnya.

”Jika dibandingakan tahun sebelumnya, pagu anggaran bantuan kali ini lebih kecil, karena di tahun sebelumnya tidak terserap semua,” bebernya.

Sambung Tolkhah, pada dasarnya, penyaluran bantuan hewan kurban itu bertujuan untuk meringankan beban warga yang kurang mampu dan fakir miskin. Sehingga pada perayan hari raya Iduladha tahun 2019, semua warga miskin di Kota Bahari bisa menikmati daging hewan kurban yang disediakan oleh pemkab.

Di sisi lain, bantuan hewan kurban itu diharapkan dapat meningkatkan nilai spritualitas, pasalnya menyembelih hewan kkurban pada momen Iduladha tersebut, merupakan anjuran agama Islam, mengingat mayoritas masyarakat Sampang beragama Islam.

“Bantun ini, diharapkan bisa berbagi kebahagiaan, keceriaan antara sesama warga, khususnya yang kurang mampu, sehingga dapat menikmati daging hewan kurban dan juga menjalankan anjuran agama,” tandasnya. (sub/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *