Bantuan Hibah Sapi Dialihkan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ZUBAIDI) MINIM ANGGARAN: Pemkab Pamekasan tidak lagi menerima bantuan hibah sapi dari pusat.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Sejak 2011, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan tidak lagi menerima bantuan dana hibah sapi yang bersumber dari dana pokok-pokok pikiran (pokir) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Kepala Bidang (Kabid) Produksi Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Pamekasan Indah Kurnia menjelaskan, untuk tahun ini pemkab tidak lagi menerima bantuan hibah sapi tersebut.

“Terakhir kali kami menerima bantuan hibah sapi melalui dana pokir dewan 2011 lalu,” terang Indah Kurnia, Rabu (4/8/2021).

Menurutnya, tidak adanya bantuan tersebut karena memang tidak ada anggaran dari pusat. Sedangkan untuk anggaran pemkab, tidak memadai untuk bantuan hibah sapi melalui dana pokir dewan tersebut.

Ia menambahkan, karena saat ini semua anggaran difokuskan untuk percepatan pemulihan ekonomi akibat wabah Covid-19.

“Ada yang lebih prioritas untuk dianggarkan saat ini; seperti perbaikan jalan, kesehatan, dan pendidikan,” sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan untuk saat ini ia lebih fokus terhadap pelayanan kesehatan hewan dan bantuan bibit rumput.

Bahkan, tambah Indah, anggaran untuk pelayanan kesehatan hewan seperti pemberian obat-obatan dan bibit rumput tahun ini hanya dianggarkan Rp20 juta. Hal itu dikarenakan semua anggaran terkena refocusing.

“Anggaran tersebut kami gunakan untuk satu tahun, sehingga kami harus pintar-pintar mengelola dana tersebut,” pungkasnya. (bai/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *