oleh

Bantuan Korban Bencana Bersifat Stimulan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Angin puting beliung yang menyerang sebagian wilayah Kabupaten Sumenep, sedikitnya menghancurkan 72 rumah warga. Wilayah tersebut adalah di Kecamatan Lenteng dan Saronggi.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kerusakan rumah di Desa Tarogan ada 40 unit, Dusun Telaga Banaresep Timur 18 unit dan Desa Pore Kecamatan Lenteng ada 6 unit. Sedangkan untuk Desa Kambingan Timur  Kecamtan Saronggi ada 8 unit, dengan jumlah keseluruhan 72 Rumah.

Kepala BPBD Sumenep R. Abd Rahman Riadi saat memantau kondisi rumah warga mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk mendata rumah yang terdampak bencana.

Selain itu, juga disalurkan bantuan stimulan bersama bupati Sumenep untuk rumah-rumah terdampak. Dalam tahap ini, bantuannya bahan-bahan makanan pokok siap konsumsi, terpal, matras, selimut, dan termasuk juga sandang.

Soal jumlah kerugian akibat bencana tersebut, masih dihitung menggunakan asesmen penilaian jumlah rumah yang mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya satu orang yang melami luka ringan.

“Tim asesmen inilah yang akan menilai berapa besar kerusakan baik itu tingkat kerusakan sedang, ringan dan berat. Nanti kami berikan bantuan stimulan, bukan menbantu secara keseluruhan,” paparnya. paparnya, Senin (11/3).

Berdasarkan peta kerawanan bencana alam yang diprediksi sebelumnya, dua kecamtan tersebut memang langganan diserang bencana alam. Namu yang terjadi pada tahun ini, entitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2018 lalu.

“Kami minta masyarakat selalu waspada, sebab berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumenep, itensitas hujan dan bencana alam bisa terjadi sewaktu-waktu,” ujarnya. (mun/waw)

Komentar

News Feed