Bantuan Korban Kapal Tenggelam Menunggu Pemprov

  • Whatsapp
Korban yang dirawat di Puskesmas Dungkek dalam peristiwa kapal tenggelam di perairan Sumenep, Senin (17/6).

Kabarmadura.id/SUMENEP-Bantuan para korban kecelakaan laut KM Arin yang diduga karena diterjang ombak, masih menunggu provinsi untuk dicairkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Abd Rahman Readi menjelaskan, hal itu dilakukan supaya bantuan yang diberikan tidak sedikit.

Nominal bantuan yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sebesar Rp2,5 juta per orang. Akan tetapi, nominal bantuan yang dari Provinsi Jawa Timur masih belum diketahui nominalnya, namun secara administratif sudah diajukan oleh pihak BPBD.

“Kami upayakan dari provinsi juga ada, sehingga disatukan. Kalau yang pemkab (bantuannya, red) siap, tetapi kalau hanya diberikan segitu kan kasian, kurang besar,” jelasnya saat dihubungi, Senin (24/6).

Bantuan dari BPBD diperkiraan akan cair dalam pekan ini. Bantuan itu, tambah Rahman, nantinya akan diberikan ke bupati, bupati akan memberikan langsungkan kepada para korban kapal yang mengalami kejadian nahas beberapa waktu lalu itu.

Jumlah korban yang meninggal dari tragedi tersebut adalah 21 orang meninggal dunia, 38 orang selamat, dan satu orang masih belum ditemukan, jumlah total penumpang KM Arin Jaya sebanyak 60 orang.

Sebelumnya, pernah diberikan bahwa penumpang KM Arin Jaya 61 orang, namun setelah diverifikasi kembali, ternyata ada nama ganda dalam daftar korban yang selamat.

Pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan sudah dihentikan sejak hari Ahad kemarin (23/6), namun pencarian secara terbatas masih dilakukan oleh pihak BPBD, polisi sektor (Polsek) setempat, dan Polisi Air dan Udara (Polairud).

Rahman mengimbau kepada seluruh masyarakat setempat, para nelayan, apabila menemukan tanda-tanda terkait keberadaan korban yang hilang tersebut untuk segera melaporkannya ke pemerintah setempat supaya langsung dieksekusi, ditelusuri lebih lanjut. (mad/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *