oleh

Bantuan PKH Bumil dan AUD di Sampang Dipastikan Naik

Kabarmadura.id/Sampang-Besaran nominal bantuan yang akan diterima oleh para Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH), khususnya KPM yang mempunyai komponen ibu hamil (bumil) dan anak usia dini (AUD), dipastikan akan menerima tambahan bantuan mencapai Rp3 juta.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Kabid Limjamsos Dinas Sosial (Dinsos) Sampang Sri Sunarsih mengatakan, indeks atau nominal bantuan PKH tahun 2020 per komponen ada kenaikan.

Diungkapkannya, untuk komponen bumil dan anak usia dini dari umur 0 sampai 6 tahun mencapai Rp3 juta per tahun. Nominal itu naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp600 ribu, dimana pada tahun 2019 hanya Rp2,4 juta.

Sedangkan bantuan untuk komponen yang lainnya, seperti anak usia sekolah dasar (SD) sederajat Rp900 per tahun. Kemudian untuk SMP sederajat Rp1,5 juta, SMA sederajat Rp2 juta, disabilitas berat Rp2,4 juta dan lanjut usia Rp2,4 juta.

“Kenaikan bantuan PKH yang tertinggi pada komponen Bumil dan anak usia dini, yakni mencapai Rp600 ribu, sehingga bantuan yang diterima mencapai Rp3 juta dalam satu tahun,” ucap Sri Sunarsih kepada Kabar Madura, Rabu (5/2/2020).

Dirinya menjelaskan, kenaikan nominal bantuan tersebut, sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Pihaknya mengaku hanya menerima data nominal bantuan yang selalu berubah-ubah setiap tahun.

Dilanjutkannya, setiap KPM PKH dibatasi maksimal empat orang dalam satu keluarga, untuk komponen penerima juga ada batasannya, yakni komponen lanjut usia berumur 70 tahun, lansia dalam keluaraga maksimal hanya satu jiwa dalam KPM, dan untuk komponen bumil maksimal kehamilan kedua.

“Kami ini hanya sebatas pelaksana dan mensosialisasikan jika ada kenikan bantuan kepada KPM, untuk kebijakannya langsung dari pusat yang menentukan,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator PKH Kabupaten Sampang Nanang Muldiyanto menegaskan, pencairan bantuan PKH itu, dalam satu tahun dicairkan selama empat tahap. Semisal, untuk KPM dari komponen bumil dan anak usia dini, per triwulan menerima bantuan Rp750 ribu yang langsung masuk ke rekening masing-masing penerimanya.

“Untuk tahap pertama tahun ini, bantuan PKH sudah cair beberapa hari yang lalu, kami sudah mensosialisasikan kepada para penerima manfaatnya,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed