Banyak Bansos Salah Sasaran, Validasi KPM Ditekan Mulai dari Desa

  • Whatsapp
VALIDASI KPM: Pemerintah Kabupaten Sumenep mulai melakukan validasi factual terhadap data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos).

Kabarmadura.id/Sumenep-Persoalan kesalahan sasaran bantuan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos), sempat diakui Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep lantaran data yang kurang valid dari tingkat desa. Oleh karena itu, penerapan program Sistem Informasi Kesejahteraan New Generation (SIKNG), sangat dibutuhkan untuk memperbaiki data KPM di tingkat desa tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Kabupaten (Korkab) Program Keluarga Harapan (PKH) Agus Budi Mulyono. Menurutnya, program SIKNG merupakan salah satu program yang dapat digunakan untuk memberantas persoalan kesalahan data yang terkesan janggal dalam realisasi bantuan sosial.

“Sekarang yang dapat bantuan hanya yang kaya, yang miskin tetap tidak mendapatkan apa, nah melalui program itu akan dibersihkan. Dengan demikian, yang layak hapus yang miskin jangan dulu, yang miskin tidak masuk dimasukkan,” katanya, kemarin (14/10)

Agus (sapaan akrabnya) juga menyampaikan, program tersebut tidak lepas dari kinerja aparatur desa, yang dituntut untuk lebih aktif dalam melakukan pendataan ulang terhadap masyarakat yang sesuai dengan kondisi perekonomiannya.

Selain itu, pemerintah juga dapat melibatkan berbagai pihak dari berbagai elemen masyarakat, yang dikemas dalam bentuk musyawarah desa (musdes), karena permasalahan tersebut sangat rumit untuk dituntaskan.

Pihaknya berharap, agar KPM yang memang sudah tidak layak menerima bantuan karena kondisi perekonomian sudah membaik, hendaknya dengan penuh kesadaran untuk segera memutuskan untuk tidak menerima bantuan.

“Itu persoalan nasional yang perlu segera dirampungkan, yang miskin dapat bantuan dan yang agak kaya tidak perlu lah, karena memang untuk anggaran bantuan itu tidak merata,” imbuhnya. (ara/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *