oleh

Banyak Calo, Legislatif Minta Manajemen BPJS Kesehatan Diperbaiki

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Sumenep Bambang Sanyoto mengatakan, saat ini masih banyak calo dalam pengurusan kartu BPJS di Sumenep. Ia meminta masyarakat harus berhati-hati dalam melakukan pendaftaran.

Ia meminta agar masyarakat tidak mempercayakan pendaftaran program BPJS Kesehatan kepada pihak ketiga. Sebab, terkadang beredar kartu palsu BPJS Kesehatan di Sumenep yang nantinya dapat merugikan masyarakat itu sendiri.

Ia mengaku geram dengan adanya oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk memperdaya rakyat dan menggunakan nama institusi relawan.

“Langkah kami saat ini terus melarang para pendaftar baru melalui pihak ketiga. Bahkan menolak pada saat datang ke kantor BPJS Sumenep,” katanya, Selasa (2/2/2020).

Bambang menjelaskan, sebenarnya masyarakat tidak perlu ribet dalam mendaftar BPJS Kesehatan. Masyarakat hanya perlu menyiapkan dokumen berupa Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan mengisi Formulir Data Peserta.

“Siapapun yang mendaftar melalui orang lain pastinya ditolak,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sumenep M.Syukri mengatakan, hal yang perlu dibenahi adalah pengelolaan BPJS Kesehatan. Sebab, jika dari pihak BPJS terus melakukan sosialisasi pada masyarakat maka akan terhindar dari calo. Karena pengetahuan masyarakat sudah mumpuni ketika diberi pemahaman.

“Saya tidak mempersalahkan calo. Tetapi, manajemen BPJS Sumenep harus dibenahi,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed