Bapemperda DPRD Sampang Prioritaskan Empat Raperda Tuntas

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) KEBUT: Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sampang menargetkan empat raperda inisiatif rampung tahun ini.

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Sejauh ini, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Sampang belum menghasilkan produk hukum. Namun dalam waktu dekat, ada empat rancangan peraturan daerah (raperda) yang akan dibahas lebih cepat. Sebab dinilai lebih penting dari raperda usulan lainnya. Masing-masing, raperda tentang pembentukan produk hukum daerah (PPHD).

Selanjutnya, raperda tentang perlindungan dan pemberdayaan petani, nelayan pembudidaya ikan dan petambak garam. Terakhir, raperda tentang pengelolaan sumber daya air dan raperda tentang pemberdayaan petani.  Hal ini diungkapkan Ketua Bapemperda DPRD Sampang Moh. Faruq, Rabu (27/10/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, empat raperda tersebut harus selesai tahun ini. Sedangkan untuk raperda inisiatif atau usulan legislatif akan dibahas secara bertahap. Sebab untuk merumuskan suatu regulasi tidak mudah. Berbagai aspek harus terbahas. Sehingga menghasilkan suatu aturan yang berkualitas dan bisa diterapkan beberapa tahun ke depan.

“Kami mulai bahas sekarang. Insyaallah segera disahkan. Sisanya bisa saja dibahas setelah ini. Selama masa Covid-19 kami kesulitan melakukan kewajiban, yakni membahas raperda. Akibatnya, rancangan regulasi itu menumpuk. Karena aktivitas kami selama ini dibatasi,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, secara umum terdapat tujuh raperda usulan dari pihak legislatif dan ditambah tiga raperda wajib. Sehingga total target raperda yang akan dibahas dan disahkan selama tahun 2021 sebanyak 14 raperda yang akan dibahas. “Tapi kami prioritaskan yang empat raperda ini dulu,” tegasnya.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *