oleh

Bapemperda Target 19 Raperda Tuntas Tahun Ini

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Pembentukan 19  rancangan peraturan daerah (raperda) ditarget selesai tahun ini. Dari belasan rancangan regulasi itu, lima diantaranya, merupakan raperda inisiatif. Sedangkan sisanya, usulan dari eksekutif. Hal tersebut diungkapkan, Ketua  Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sampang, Muhammad Faruq, Kamis (18/02/2021).

Menurutnya, pembahasan belasan raperda bergantung pada skala prioritas akan pentingnya regulasi itu di segera diterapkan. Saat ini, sudah melakukan rapat awal. “Kami punya target untuk 19 Raperda ini.. Tapi kami sudah petakan mana saja yang harus diprioritaskan. Sehingga dalam waktu dekat kami akan melakukan pembahasan khusus,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan, terdapat  dua raperda yang akan dibahas di awal tahun. Mading-masing, raperda pembentukan produk hukum desa (PPHDes) dan raperda tentang toko modern dan toko rakyat. Pembahasan raperda itu, masih dalam tahap komunikasi dengan sejumlah pihak terkait.

Laki-laki yang juga menjabat sebagai Ketua Askab PSSI setempat itu menjelaskan, raperda PPHDes akan diatur seputar pembentukan hukum di tingkat desa. Sehingga, penataan produk hukum di tingkat desa lebih baik. Kemudian,  raperda toko modern dan toko rakyat akan dibahas soal keberadaan toko modern dan toko rakyat.

” Karena semakin menjamurnya pasar modern. Sehingga perlu ada aturan yang lebih spesifik. Tapi itu hanya gambaran saja. Seperti apa bentuknya kami masih belum memulai pembahasan. Insyallah sesuai target pembahasan belasan raperda ini selesai tepat waktu,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, Yuliadi Setiawan mengaku mendukung rencana pembahasan raperda lebih awal. Sehingga, penyusunan draf raperda tidak terkesan asal jadi. Apalagi, banyak raperda yang ditargetkan selesai sebelum tutup tahun. “Kami sangat mendukung. Jika raperda selesai maka tugas pemerintah tinggal menyusun regulasi peraturan bupati (Perbup),” responnya. (man/ito)

Komentar

News Feed