oleh

Bappeda Sumenep Gelar Acara Musrenbang

Kabarmadura.id/SUMENEP-Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Senin (25/3).

“Musrenbang ini untuk sinkronisasi  antara pemerintah desa atau kelurahan, kecamatan, dan OPD  untuk menjadi prioritas pembangunan beserta memadukan perencanaan pembangunan dan penganggaran,” kata Kepala Babbepa Sumenep Yayak Nurwahyudi dalam sambutannya.

Sebelumnya, telah dilaksanakan musrenbang di tingkat desa, kecamatan, dan ditingkat organisasi perangkat daerah. Di tingkat desa dilaksanakan pada 17 sampai 31 Maret 2018, di tingkat kecamatan dilaksanakan pada tanggal 11 Februari sampai 5 Maret 2018, sedangkan forum OPD pada 19 sampai 20 Maret 2019. Juga, forum konsultasi publik yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2019.

Pelaksanaan musrenbang tingkat Kabupaten tersebut didasarkan pada Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional beserta seluruh turunannya. Musrenbang ini adalah untuk pembangunan tahun 2020.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sumenep A Busyro Karim . Dalam sambutannya, politisi senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menyampaikan beberapa hal tentang keadaan Sumenep, baik angka kemiskinan, pengangguran, dan pendapatan dari tahun ke tahun.

Ke depannya, ia berharap supaya kemampuan sumber daya manusia di Sumenep semakin meningkat dan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia sebaik mungkin.

“Kami berharap Musrenbang ini tidak hanya menjadi formalitas saja, tetapi nanti harus benar-benar ada jiwa dan semangat yang baru untuk melakukan yang terbaik bagi pembangunan Sumenep,” ungkap orang nomor satu di Sumenep tersebut. (Mad/rei)

Komentar

News Feed