oleh

Barang Pedagang Sering Hilang, Keamanan Srimangunan Tak Terjamin

KABARMADURA.ID, Sampang  – Banyaknya laporan kehilangan barang milik pedagang di Pasar Srimangunan membuat Komisi II DPRD Sampang geram. Sejumlah wakil rakyat turun langsung ke lokasi menyisir titik rawan kehilangan sekitar pukul 21.00, Rabu malam (30/9/2020).

Sedikitnya ada empat anggota Komisi II yang terjun ke lokasi. Mereka adalah Alan Kasian, Agus Khusnul Yaqin, Iwan Efendy, dan Gafur. Mereka berkeliling lokasi pasar semua akses masuk ke halaman pasar.

Banyak kekurangan yang mereka temukan saat melakukan sidak. Seperti, banyaknya tempat gelap di dalam pasar, standar operasional prosedur (SOP), penjagaan keamanan tidak jelas. Termasuk perlengkapan satpam yang tidak memadai.

Tidak hanya itu, rombongan anggota komisi II tiba di lokasi pertama hanya menemukan satu petugas keamanan. Padahal saat itu sebanyak lima orang yang bertugas jaga malam.

“Kami nyampek di lokasi ini tidak ada yang menanyakan. Ini berarti siapa saja dan kapan saja bisa masuk ke lokasi ini,” kata Anggota Komisi II DPRD Sampang Agus Khusnul Yaqin.

Dia juga mengungkapkan, jika banyaknya kehilangan barang pedagang tidak hanya karena adanya niat. Tapi karena adanya peluang. Sebab lokasi di dalam pasar banyak  yang gelap. Sementara penerangan di areal pasar ada anggaran khusus.

“Terutama pintu masuk ke areal pasar tidak ada yang tertutup. Sehingga kami meminta dinas terkait segera melakukan perbaikan,” katanya.

Di lokasi yang sama, Alan Kasian menambahkan jika lalainya security tidak lepas dari kelalaian dinas terkait. Sebab tidak ada pengawasan. Padahal perlu adanya penanganan khusus soal keamanan pasar.

“Kami berharap dinas terkait segera melakukan perbaikan. Sehingga tidak terjadi lagi kehilangan yang dialami pedagang,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindagprin) Abd. Hannan  mengakui jika masih ada kekurangan dalam sistem keamanan pasar. Ia berjanji melakukan pembenahan dan perbaikan. “Kami berterima kasih kepada para anggota DPRD. Yang jelas kami akan menindaklanjuti rekomendasi wakil rakyat,” ucapnya singkat. (KM54/mam)

 

 

Komentar

News Feed