oleh

Baru 42 dari 178 Desa di Pamekasan yang Penuhi Syarat Pencairan DD Tahap I

Kabarmadura.id/Pamekasan-Berdasarkan hasil verifikasi pencairan dana desa (DD) di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, dari 178 desa yang akan mencairkan DD pada tahap pertama, hanya 42 desa yang diajukan, sementara desa lainnya belum mencukupi syarat pencairan.

Menurut Kepala DPMD Pamekasan Ach Faisol melalui Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ach. Nashirullah, saat ini pecairan DD tahap pertama baru diajukan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan.

“Saat ini tahapannya sedang ada di keuangan menunggu proses pencairan,” paparnya, Kamis (26/3/2020).

Dia menambahkan, secara teknis dalam melakukan pencairan DD tahap 1 itu, dimulai pengajuan dari desa, diajukan ke PMD melalui kecamatan, sehingga PMD meneruskan kepada BKD untuk dilakukan pencairan dengan diverifikasi terlebih dahulu.

“Setelah itu disampaikan ke keuangan, dari keuangan baru di kirim ke KPPN, KPPN prosesnya insyaallah satu minggu langsung ke rekening atau kas desa,” jelasnya.

Adapun rincian desa yang sudah dinyatakan memenuhi syarat pencairan dari setiap kecamatan, untuk Kecamatan Larangan 14 desa, Kecamatan Pegantenan 13 desa, Kecamatan Pamekasan 2 desa, Kecamamatan Waru 11 Desa, Kecamtan Pademawu 2 desa.

“Jumlah secara keseluruhan dari DD pada tahun 2020 yakni sebesar Rp204 miliar,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed