Baru 5 Bulan, Pocadi milik DPK Bangkalan Tak Bisa Dioperasikan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) FOKUS: Salah satu Pemuda saat mencoba mengoperasikan pojok baca digital di Mall Pelayanan Publik (MPP) Bangkalan Plaza Lantai 3 kemarin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Layanan pojok baca digital (pocadi) yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) tidak dapat dioperasikan. Padahal layanan tersebut baru disediakan sejak 5 bulan lalu.

Diketahui bahwa sarana tersebut merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada tahun 2020. Tetapi sangat disayangkan, ketika pelayanan publik itu, belum dapat beroperasi secara maksimal.

Bacaan Lainnya

Salah satu pengunjung MPP Moh Ghufron mengaku kecewa, lantaran layanan publik yang disediakan tidak bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Padahal pengadaan itu pasti menggunakan uang rakyat.

”Ini kan fasilitas langka dan terbilang baru, lalu kenapa bisa sudah tidak dapat dioperasikan,” paparnya.

Menurut Ghufron, layanan baca yang sudah menggunakan media teknologi semacam itu kurang tepat jika diletakkan di tempat yang terbatas. Sebab, tidak semua anak-anak bisa mengaksesnya. Padahal layanan tersebut seharusnya bisa menarik minat pembaca agar mau mencobanya.

”Sangat disayangkan kalau layanan seperti ini diletakkan di tempat yang tertutup, harusnya ada di titik keramaian,” usulnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Pelayanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan DPK Bangkalan, Latifah menyampaikan, pojok baca digital membutuhkan jaringan wifi. Sedangkan yang menyediakan wifi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat.

”Kami sudah mengoperasikan, tapi masih menunggu pemasangan wifi dari dinas terkait (Diskominfo, red),” jelasnya.

Diketahui, sejak awal januari 2021 kemarin, pojok baca digital sudah tersedia di MPP. Namun, sayangnya saat pengunjung ingin membaca melalui 3 komputer yang ada itu belum bisa.

”Kalau komponen dari kami sudah siap dan bisa dioperasikan, hanya butuh koneksi saja,” pungkasnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *