Baru Dibentuk, Olahraga Petanque Bangkalan Sudah Berprestasi

Olahraga Petanque Bangkalan
(KM/FATHURROHMAN) GIAT: Atlet Petanque saat latihan di SMKN 1 Kamal, tampak beberapa atlet sedang berlatih.

KABARMADURA.ID | Meski terbilang sebagai cabang olahraga (cabor) pendatang baru di Bangkalan, petanque berhasil membawa pulang medali dari kejuaraan Tes Event VII Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Situbondo.

Dalam ajang yang digelar dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) itu, atlet petanque Bangkalan sukses meraih medali perunggu dari kategori single putra.

Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Bangkalan Fahri Arif mengungkapkan kebahagiaannya saat cabor yang masih seumur jagung itu berhasil membawa pulang medali. Dia menilai, kesuksesan atletnya itu akan menjadi modal berharga menatap gelaran Porprov mendatang.

Bacaan Lainnya

“Kami dibentuk belum genap satu tahun. Tapi sudah bisa berbicara di beberapa event, ini sudah luar biasa. Ini menjadi modal semangat kami di Porprov nanti,” katanya, Selasa (5/4/2022).

Fahri juga mengakui bahwa olahraga petanque belum familiar di masyarakat Bangkalan.  Sehingga, pihaknya bertekad akan memasifkan sosialisasi agar Petanque bisa digandrungi masyarakat.

Disebutkan, sebelum kejuaraan Tes Event Porprov VII Provinsi Jatim, atlet petanque Bangkalan juga pernah meraih dua medali perunggu di ajang Kejurprov.

“Masyarakat kita kan belum tahu nih, apa sih petanque itu. Jadi jarang kemudian masyarakat yang mau menonton ketika ada pertandingan petanque. Makanya butuh semacam pengenalan, semoga dengan prestasi ini pengenalan kita bisa lebih mudah,” jelasnya.

Menurutnya, sosialisasi sudah dilakukan sejak 23 Maret 2022 lalu. Sasarannya seluruh guru olahraga di Bangkalan. Selain itu, Fahri berencana akan mengadakan event petanque di tingkat kabupaten. Tujuannya, selain untuk memperkenalkan, juga untuk mencari talenta-talenta muda yang akan menjadi atlet petanque.

“Kami akan membuat event kejuaraan tahun depan. Karena kami juga sudah mendapat dukungan anggaran dari daerah melalui KONI,” pungkasnya.

Reporter: Fathurrohman

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.