Bawaslu Ajukan Rp25,6 M untuk Pilkada

  • Whatsapp
BAWASLU: Demi kelancaran Pilkada 2020 di Sumenep, Bawaslu anggarkan Rp25,6 miliar.

Kabarmadura.id/Sumenep-Dalam rangka melancarkan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, telah melakukan pengajuan anggaran untuk kebutuhan pengawasan. Tak tanggung-tanggung, Bawaslu mengajukan dana sebesar 25,6 miliar untuk memenuhi kebutuhan materiil selama pilkada berlangsung.

Ketua Bawaslu Sumenep Anwar Noris menjelaskan, setelah melakukan kalkulasi secara detail terkait anggaran yang dibutuhkan dalam persiapan pengawasan Pilkada, pihaknya telah menentukan jumlah anggaran yang sudah disesuaikan dengan ancang-ancang kebutuhan.

Dirinya juga menyampaikan, terkait anggaran secara valid memang fokus penggajian terhadap perkiraan jumlah personel yang akan diajukan, karena menurutnya persoalan anggaran bukan sebatas menerka-nerka dengan tidak ada kepastian dalam hitungan.

“Ya, sudah diajukan. Untuk kegunaannya, ya buat biaya operasional Pilkada,” katanya, Kemarin (13/10).

Dilanjutkannya, untuk sumber honorarium personil atau staf yang berada di tingkat kabupaten, berbeda dengan yang di tingkat kecamatan, yaitu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Noris (sapaan akrabnya) juga menuturkan, besaran anggaran yang diajukan Bawaslu jauh di bawah kebutuhan anggaran yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, hal itu dikarenakan pihaknya tidak perlu melakukan pengadaan barang.

“Yang kita ajukan hanya untuk membayar pengawas di bawah yang tingkat kecamatan dan desa itu,” tukasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumenep Rafiqi Tanzil menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat telah menyetujui pengajuan anggaran kebutuhan Pilkada tahun 2020 oleh KPU Sumenep. Dengan validasi jumlah anggaran sebesar Rp60,77 miliar.

“Sudah disetujui 3 Oktober kemarin, NPHD-nya sudah ditandatangani kemarin oleh pak bupati, saat ini langkah selanjutnya adalah pencarian bank,” katanya. (ara/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *