Bawaslu Bangkalan Ajukan Rp29 M untuk Pengawasan Pilkada

(ISTIMEWA) MULAI AKTIF: Bawaslu melakukan komunikasi dan koordinasi baik dengan Bawaslu Jatim dan 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangkalan sudah mengajukan rancangan perkiraan kebutuhan dana untuk menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Bangkalan Musta’in Saleh mengaku sudah melakukan rapat koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan. Koordinasi itu mengenai pengajuan perkiraan kebutuhan dana untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan DPRD Bangkalan, KPU, dan pemerintah untuk mengajukan rengrengan dana kasar kebutuhan anggaran untuk pilkada,” ungkap Musta’in.

Bacaan Lainnya

Sebab, kata Musta’in, pemerintah akan berat jika harus menyediakan anggaran besar dalam satu kali penganggaran. Dengan diajukan, akan diketahui lebih awal kebutuhannya sehingga bisa diantisipasi, agar tidak memberatkan pemerintah.

Mengenai kebutuhan anggaran, usulann dari KPU sebesar Rp89 miliar, sedangkan dari Bawaslu sekitar Rp29 miliar. Tetapi anggaran tersebut belum final, karena dimungkinkan ada perubahan lagi.

“Kalau diketahui begini, nanti pemerintah akan menyediakan dana cadangan, tetapi dana itu tidak bisa digunakan hingga tahun 2024,” tuturnya.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Antar Lembaga Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bangkalan Amir Lutfi membenarkan tentang rencana penganggaran itu. Dana itu sudah disiapkan sejak beberapa tahun lalu.

Lutfi juga menuturkan kebutuhan anggaran dari setiap lembaha seperti KPU, Bawaslu dan TNI Polri sudah ditampung. Ada berbagai kebutuhan yang sifatnya memang harus terpenuhi, sehingga pemerintah juga berupaya untuk memaksimalkan simpanan dana itu.

“Pengajuan sudah kami terima, makanya mulai tahun ini kita sudah menyimpan dana untuk pilkada ini,” ucap Lutfi.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.