oleh

Bawaslu Sampang Agendakan Penanganan Temuan Pelanggaran

Kabarmadura.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sampang akan melaksanakan rapat kerja (raker) teknis penanganan temuan pelanggaran dan laporan kerja pelaksanaan Pemilu 2019 di Aula Hotel Camplong, Kecamatan Camplong, Jumat (8/03/19).

Hal tersebut disampaikan Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sampang Yunus Ali Ghafi. Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan efektivitas dan optimalisasi penanganan dan temuan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Sehingga, ada persamaan terkait temuan, tindakan, dan laporan dalam pelanggaran Pemilu 2019.

Dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut pihaknya akan menghadirkan Panwascam di 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang, terdiri dari Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Pencegahan Hukum dan Antar Lembaga (PHL) serta satu orang staf Panwascam.

“Ini kita tekankan agar bagaimana nantinya Panwascam paham dan mengerti prosedur penindakan dalam setiap temuan pelanggaran tahapan kampanye serta saat pelaksanaan pemilihan,” katanya.

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa akan dilakukan refleksi dalam pola pelanggaran yang dilakukan oleh semua pihak dalam rentan waktu enam bulan terakhir, bahkan sederet evaluasi juga akan dipaparkan langkah penindakan yang dilakukan oleh Paswascam dalam pelaksanaan rapat tersebut.

“Semua pengawas nantinya juga akan dievaluasi kinerjanya dalam memberikan penindakan pelanggaran pemilu yang dilakukan beberapa waktu terakhir,” tambahnya.

“Jadi kami kumpulkan semuanya selama dua hari. Itu dilakukan agar semua materi yang diberikan benar-benar dijadikan acuan dalam melaksanakan kinerjanya dimasing-masing kecamatan,” tegasnya.

Pihaknya berharap Paswascam dapat bekerja dengan maksimal dengan tetap berpedoman pada aturan dan mikanisme penindakan setiap pelanggaran yang ditemukan dalam Pemilu 2019. Salah satu pedomannya yakni Undang-undang nomor 07 tahun 2017, Peraturan (Perbawaslu) nomor 07 tahun 2018 kaitannya dengan temuan pelanggaran Pemilu, serta Perbawaslu Nomor 08 Tahun 2018 tentang Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Administrasi Pemilu.

“Kami harapkan semua pihak terkait termasuk Pawascam dan pihak lainnya mampu memahami serta mengikuti aturan yang telah ditetapkan sebagai acuan pelaksanaan Pemilu,” tegasnya.(awe/nam/km)

Komentar

News Feed