Bawaslu Sampang Hendaki Partisipasi Pemilih Meningkat

(FOTO: KM/IST) TARGET NAIK: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sampang upayakan partisipasi pemilih lebih tinggi dari pemilihan sebelumnya.

KABARMADURA.ID | SAMPANG Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) akan diselenggarakan tahun 2024 mendatang. Untuk meminimalisir terjadinya konflik, partisipasi pemilih perlu ditingkatkan. Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang Insiyatun.

Menurutnya, partisipasi pemilih menjadi poin penting dalam pelaksanaan pemilu maupun pilkada. Sebab, masyarakat sebagai pemilih menjadi penentu utama dalam suksesnya pesta demokrasi itu.

“Kami membutuhkan kerjasama masyarakat sebagai pemilih yang nantinya bisa menentukan suksesnya pemilihan,” tegas Insiyatun, Selasa (15/2/2022).

Bacaan Lainnya

Pihaknya menekankan terhadap penyelenggara pemilu di semua tingkatan, agar dapat mempengaruhi pemilih untuk mengikuti setiap tahapan pemilu, termasuk yang paling penting bisa datang ke tempat pemungutan suara (TPS) menggunakan hak suaranya.

Meningkatnya jumlah pemilih akan memperkuat kapasitas dan kualitas pengawasan. Sehingga, secara tidak langsung kecurangan saat proses pemilihan dapat diminimalisir.

“Masyarakat tidak hanya berperan mengisi kuota pemilih saja, namun juga berperan dalam pengawalan proses pemilihan sejak tahapan pemilu atau pilkada dimulai hingga tuntas,” paparnya.

Banyak hal yang perlu diawasi dalam pelaksanaan pemilu atau pilkada. Salah satunya, tahapan pemutakhiran data pemilih. Dalam tahap ini, penyelenggara harus memastikan nama yang terdaftar dalam pemilih sesuai dengan kriteria.

“Kami sudah melakukan pemutakhiran data yang nantinya akan menjadi bahan rekomendasi pada KPU Sampang untuk pemilu 2024 mendatang,” jelasnya.

Pengawasan partisipasi sangat penting dilakukan sebagai  upaya untuk membangun kesadaran masyarakat tentang kepemiluan dan meningkatkan partisipasi politik dalam semua segmen pemilihan.

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.