Bawaslu Sumenep: Debat Pertama Belum Langgar Prokes

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) JELANG DEBAT: Pemandu debat Emil Faizza mengajak kedua paslon berswa foto.

KABARMADURA.ID, Sumenep –Representasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumenep sebanyak dua orang pada debat kandidat pertama di Hotel Utami Sumekar Sumenep, Selasa (10/11/2020). Salah satunya Komisioner Bawaslu Abd Rahem yang dapat masuk ke dalam ruangan.

Kata Rahem, pihaknya hadir ke debat kandidat itu tidak sebatas memenuhi undangan. Namun, dia juga melaksanakan tupoksinya mengawasi penyelenggaraannya, seperti peraturan protokol kesehatan (prokes) seperti yang sudah diatur di Peraturan Komisi Pemilihan Umun (PKPU) 13 tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Komisioner Bawaslu itu menyampaikan belum menemukan pelanggaran dalam penyelenggaraan debat kandidat pertama atau dari kedua pasangan calon (paslon) beserta pendukungnya.

Menurutnya, mereka masih patuh terhadap peraturan untuk memperhatikan prokes dan guna tidak mewadahi penyebaran wabah Covid-19.

“Yang pertama kami lihat, yang hadir memang sudah sesuai dengan yang diatur di PKPU, termasuk jumlah yang hadir di dalam ruangan. Mereka juga taat terhadap protokol kesehatan, seperti menggunakan masker,” ungkap Rahem kepada Kabar Madura, Rabu (11/11/2020).

Suksesnya menggelar debat kandidat pertama dengan prokes itu, seperti yang disampaikan Rahem, harus dipertahankan agar debat kandidat kedua, Senin (23/11/2020) dan ketiga, Sabtu (28/11/2020) bisa berjalan lancar.

“Semoga ke depannya terus lebih baik. Kami Bawaslu akan komitmen untuk mengawasi itu dan ikut memastikan,” sambungnya.

Lantaran, rentetan agenda Pemilu yang disusun KPU di Pilkada Sumenep 2020 ini harus mematuhi prokes. Itu akan jadi bekal terhadap penyelenggaraan pemungutan suara pada Rabu (9/12/2020).

Dalam pantauan Kabar Madura di debat kandidat pertama, setiap tamu undangan yang masuk akan dicek suhu dan dipastikan menggunakan masker. Bahkan, penerima tamu menggunakan face shield. (idy/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *