Bawaslu Sumenep Kesulitan Tertibkan APK di Pelosok Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) DIREKOMENDASIKAN: Alat peraga kampanye (APK) diduga ilegal masih banyak yang belum diamankan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep.

KABARMADURA.ID, Sumenep – Alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati di Sumenep sudah diserahkan. Hanya saja untuk bahan kampanye ilegal belum dibersihkan. Padahal Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, sudah mewanti-wanti kepada setiap paslon untuk segera membersihkan bahan kampanye tersebut. \

Komisioner Koordinasi Divisi HDI dan Humas  Bawaslu  Kabupaten Sumenep, Imam Syafii mengaku kesulitan memberantas adanya APK yang diduga ilegal. Sebab yang legal masih baru disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Kami butuh biaya dan alat berat, karena untuk mengeksekusinya tidak mudah, selain banyak titik, aksesnya jauh,” ujarnya, Rabu (21/10/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya kondisi saat ini untuk daerah perkotaan sudah mulai bisa dikondisikan. Sedangkan daerah pelosok masih banyak yang belum dituntaskan. Meski demikian, pihaknya terus melakukan desakan terhadap masing-masing tim paslon untuk menertibkan APK tersebut.  “Kami akan melakukan penertiban, meskipun tidak ada sanksi, tapi APK itu segera dibersihkan,” janjinya.

“Masa kampanye ini akan ami memaksimalkan kinerja panwascam, sebab yang lebih tahu di dibawah itu mereka, sehingga segera bisa dikondisikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumenep Rafiki Tanzil  mengatakan, saat ini APK dan BK sudah diserahkan kepada masing-masing petugas.  Sehingga bisa segera dipasang selama musim kampanye. “Saat ini sudah diserahkan semua, tinggal dipasang,” paparnya.

Disinggung mengenai penertiban APK ilegal,  pihaknya memasrahkan penuh ke Bawaslu, terutama pada masa kampanye, tanggal 26 September hingga 5 Desember mendatang. Pihaknya hanya fokus ke realisasi pelaksanaan Pilkada. (ara/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *