Beberapa OPD di Kabupaten Pamekasan Bakal Dirampingkan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) DIRAMPINGKAN: Rencana peraturan daerah (raperda) tentang perubahan struktur organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Pamekasan simpang siur. 

KABARMADURA.ID, Pameksan  – Demi efisiensi dan atas dorongan visi reformasi birokrasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, berencana merampingkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan, Bachtiar EFF menjelaskan, dari jumlah OPD sebelumnya terdapat 22 dinas, akan di efesiensi menjadi 19 dinas. Menurutnya, terdapat beberapa dinas yang nantinya akan digabung.

Bacaan Lainnya

Masing-masing, Dinas Pendidikan (Disdik) akan disatukan dengan Dinas Kebudayaan. Kemudian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan akan disatukan dengan Dinas Pertanian (Dispertan).

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) digabung dengan Dinas Ketenagakerjaan. Terakhir, Dinas Kepemudaan dan Olahraga digabung dengan Dinas Pariwisata.

“Raperda kelembagaan yang mengatur perubahan struktur organisasi perangkat daerah tersebut, telah selesai dibahas oleh DPRD. Bahkan telah selesai dievaluasi oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim),” ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Pihaknya, hanya tinggal menunggu pengesahan oleh DPRD, melalui sidang paripurna bersama eksekutif. Setelah perda tersebut, disahkan baru kemudian menunggu peraturan bupati (perbup) mengenai perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK).

“Kalau evaluasi gubernur sudah. Tinggal pengesahan, tapi tidak tau kapan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan, Budi Irianto mengaku, tidak bisa memprediksi terjadinya non job pada sejumlah pegawai setelah dilakukan perampingan.

Hal itu, dikarenakan hingga saat ini pihaknya belum menerima draft hasil pengesahan raperda mengenai perubahan struktur organisasi perangkat daerah. Sebab, memang belum disahkan oleh DPRD.

“Kami masih belum bisa memprediksi, karena draftnya belum kami terima,” responnya singkat. (ali/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *