oleh

Belajar Attitude di Sepak Bola

Kabarmadura.id-Tidak sia-sia Madura United mengorbitkan talenta muda Madura via tim kelompok usianya. Salah satu ricing star putra daerah ialah pemain yang bisa diturunkan sebagai fullback dan winger Febrian Tri Yanto.

Namanya telah mengaung pasca-dipanggil Tim Nasional (Timnas) Indonesia U16 guna mengikuti pemusatan latihan pada tahun 2019. Hal itu tidak terlepas penampilan apiknya bersama Madura United U16 dalam kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U16 2019.

Sayang, Febri gagal bersaing untuk masuk skuad Timnas Indonesia U16 musim 2019 di usianya yang masih 15 tahun.

Tidak patah arang, ternyata talenta muda asal Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu Pamekasan itu masih dilirik kemampuannya untuk kembali ikut training center (TC) Tim Garuda Muda. Bahkan tahun ini, dia inten ikut TC di Sidoaro bulan Januari, Yogyakarta bulan Februari, dan Bekasi bulan Maret.

Musim 2020, buah hati dari pasangan Imam Pujianto dan Nurmami tersebut masih berkostum tim berjuluk Laskar Sape Kerrab Ngodeh musim ini.

Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Pamekasan ini ternyata tidak sebatas menggeluti hobinya bermain sepak bola. Akan tetapi, dia mengakui, selama mengasah skilnya sembari belajar attitude (akhlak) di sepak bola.

“Bagaimana cara bermain sepak bola yang baik dan benar, saling menghormati satu sama lain, dan yang paling penting attitude,” ujar Febri kepada Kabar Madura saat ditemui di waktu senggangnya, Kamis (26/3/2020) pagi.

Meniti karir di sepak bola sembari menguatkan attitude-nya, kata Febri, itu tidak terlepas karena di sepak bola dituntut untuk disiplin, saling menghormati, fair play, sportivitas, serta selama bermain di Madura United sangat ditekankan terhadap akhlak, ibadah, dan pendidikan.

“Banyak sih, kami harus disiplin, saling menghormati, ada fair play juga apalagi di pertandingan sangat jelas ditanamkan, harus sportif. Madura United ini juga bagus mengutamakan pemain yang berakhlak, tidak menyampingkan pendidikan dan ibadah,” pungkasnya. (idy/nam).

Febrian Tri Yanto

Pamekasan,11 Februari 2004

Dusun Lombang, Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan

Karir 2 Tahun Terakhir

Madura United U16 (2019)

TC Timnas Indonesia U16 (2019)

TC Timnas Indonesia U16 (2020)

Madura United U16 (2019)

Sekolah: SMAN 2 Pamekasan

Cerita pertama suka sepakbola: Pertama saya bermain sepak bola dari TT, tapi itu belum ikut SSB, terus kelas 1 SD baru saya ikut SSB, dan semenjak itu saya sangat menyukai sepak bola.

Kesan dan cerita selama bersama Madura United: Saya sangat bangga dan senang bisa bermain untuk Madura.

Pengorbanan apa yang dilakukan demi sepakboka? Pengorbanan saya demi sepakbola adalah waktu, keluarga, sekolah, dan banyak lagi.

Pengalaman TC Timnas: Pengalaman saya selama TC Timnas, mendapat jam terbang lebih.

Komentar

News Feed