Belajar dari Sosok Hermin, Kepala SMA PGRI Sumenep

  • Whatsapp
(FOTO: Hermin Irawati for KM) Hermin Irawati: Kepala SMA PGRI Sumenep

KABARMADURA.ID | Pada momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 25 November 2021, banyak guru yang bisa jadi inspirasi dalam perjuangan mendidik siswa. Salah satunya yaitu Hermin Irawati, sosok pengajar yang pengalamannya cukup banyak. Bahkan saat ini, ia dipercaya menjadi Kepala SMA PGRI Sumenep.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Wanita kelahiran Sumenep, 14 Maret 1980 itu juga pernah meraih juara III Guru Prestasi Kabupaten Sumenep pada tahun 2019. Menurutnya, menjadi seorang guru tidak mudah. Sebab tidak hanya membutuhkan kecerdasan, tetapi perlu menjadi panutan bagi siswa. “Tanggung jawab terus dijalani untuk para siswa dan masyarakat,” katanya, Kamis (25/11/2021).

Ia menuturkan, awal mula menjadi guru saat mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Malang. Setelah itu, ia berkesempatan mengabdi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumenep sebagai dosen tetap, bahkan pernah menjadi Ketua Kemahasiswaan.

Tidak berhenti di situ, ia juga mengajar di SMPN 6 Sumenep, lalu ditugaskan mengajar  di SMAN 1 Batuan sebagai guru PNS. Pada tahun 2019, ia diamanahkan menjadi Pelaksana tugas (Plt) Kepala SMA PGRI Sumenep. Dia juga pernah menjadi instruktur nasional guru pembelajar pada tahun 2016.

Perempuan yang akrab disapa Hermin itu tidak hanya aktif sebagai pengajar atau pendidik. Ia juga menjadi aktif menggerakkan beberapa organisasi. Semisal di Badan Musyawarah Perguruan Swasta Kabupaten Sumenep, Koperasi SMAGRI Barokah, SMAGRI Peduli Pendidikan (Educare), dan sebagainya.

“Pendidik atau guru sejati adalah dapat bermanfaat di mana pun berada,” tukasnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *