oleh

Belajar Daring Tanpa Target Capaian Kurikulum

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Sumenep Syamsul Arifin menyampaikan, selama masa wabah Covid-19, kegiatan belajar mengajar (KBM) khususnya yang dilaksanakan secara daring tidak memiliki target capaian kurikulum. Namun, hal itu juga tidak mengubah terhadap kurikulum yang ada.

“Tidak ada perubahan kurikulum, tetap sesuai petunjuk dari pemerintah pusat, tapi tidak ada kewajiban mencapai target. Karena baik daring maupun luring tidak sesuai kurikulum tidak apa-apa,” katanya, kemarin.

Artinya untuk patokan kurikulum seperti penekanan pada karakter dan pengetahuan tidak terlalu diperhitungkan, yang terpenting adalah proses KBM berjalan sebagaimana biasa, tidak lumpuh karena Covid-19.

Samsul menyebutkan, KBM daring yang selama ini berlangsung tidak berjalan efektif. Di antara kendala yang ada di lapangan adalah kendala sarana dan jaringan.

“Ya itu, banyak siswa yang tidak mempunyai HP, jaringan terkadang tidak normal, dan banyak faktor lainnya. Di tengah berbagai persoalan seperti itu, tidak masuk akal kalau masih dibebani capaian kurikulum,” imbuhnya.

Sementara sebagai masa transisi new normal, sudah ada beberapa sakolah yang direkomendasikan untuk bisa melaksanakan KBM tatap muka, di antaranya SMA Negeri 1 Sumenep, SMK Negeri 1 Sumenep, dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Saronggi. (ara/pai)

Komentar

News Feed