Belajar Pintar Berbahasa Inggris Bersama Uniba FM

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) TETAP SEMANGAT: Proses siaran Uniba FM via online tidak terikat jarak dan situasi.

KABABARMADURA.ID, SUMENEP – Meski jarak dan situasi kurang mendukung, guna menyebarkan pengetahuan, terlebih dalam menguasai Bahasa Inggris, radio Universitas Bahaudin Mudhary Madura (Uniba) yang familiar dengan sebutan Uniba FM mengadakan dialog bersama RRI Surabaya. (20/1/ 2021).

Acara yang digelar secara online disampaikan langsung oleh salah satu dosen Uniba, Mustain mengatakan, penguasaan bahasa merupakan kebutuhan insan akademis. Selain untuk kepentingan komunikasi sudah banyak istilah-istilah yang disyiarkan menggunakan Bahasa Inggris.

Bacaan Lainnya

“Mulai dari berbagai merek kebanyakan menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris. Mulai dari urusan teknik juga banyak istilah asing, apalagi nanti ada kesempatan keluar negeri, sudah harus paham,” katanya, Rabu (20/1/2021).

Selaku dosen Bahasa Inggris, Pria asal Bangkalan itu memberikan beberapa tips dan intrik untuk fasih berbahasa Inggris dan efektif. Satu hal yang harus dilakukan, yaitu menambah dan memperbanyak kosakata, conversation juga penting karena untuk mengungkapkan rasa percaya diri.

Pria yang saat ini lagi fokus menyelesaikan disertasinya, memberikan 8 tips agar cepat menguasai Bahasa Inggris, di antaranya adalah belajar dengan kamus, mendengarkan lagu-lagu Bahasa Inggris, sering-sering menonton film Inggris tanpa subtitle dan juga mempelajari arti kosa kata Bahasa negeri Ratu Elizabeth tersebut.

“Dalam berbahasa Inggris bagi pemula tidak penting dan tidak harus berpatokan pada grammar,” jelasnya.

Terpenting juga menurutnya, adalah motivasi dan semangat. Sebab fungsi bahasa sebagai komunikasi merupakan satu kebutuhan, apalagi bagi para akademisi yang juga menjumpai istilah-istilah asing.

Fasih berbahasa Inggris bisa memudahkan rezeki, salah satu bukti agar mendapat beasiswa ke luar negeri, salah satunya menguasai bahasa tersebut. Termasuk di Indonesia sendiri keberadaannya sebagai ilmu alat.

“Salah satunya juga jika kita ingin cepat tau Bahasa Inggris, hal yang terpenting adalah kemauan dan rasa percaya diri , karena apabila sudah ada kemauan dan rasa percaya diri semuanya akan dengan mudah dan cepat menguasai,” pungkasnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *