Belum Ada Kepastian Pemberangkatan CJH

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) PENUTUPAN: Hingga saat ini, belum ada kepastian pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Sampang, akibat kondisi belum stabil.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Sebelumnya, pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) tahun 2020 kemarin mengalami penundaan akibat Covid-19. Di tahun 2021 ini, para CJH asal Kabupaten Sampang belum menemukan kejelasan mengenai pemberangkatannya. Salah satu indikasinya, Pemerintah Arab Saudi kembali melarang kedatangan warga dari 20 Negara termasuk Indonesia.

Sehingga, para CJH yang sudah melunasi pembiayaan haji dari tahun sebelumnya harus bersabar. Sebab, belum ada kepastian atau surat resmi dari pemerintah pusat. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Sampang, Fathorrahman, Kamis (04/02/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, larangan masuk ke Arab Saudi belum mengarah pada pembahasan pemberangkatan haji. Hanya saja, pemerintah Arab Saudi menutup akses bandara untuk 20 Negara. Bahkan, tidak ada surat resmi dari pemerintah pusat terkait pemberangkatan haji. Sehingga, tidak bisa dipastikan berangkat atau tidaknya.

“Yang jelas berdasarkan data sudah ada  422 CJH yang bersedia diberangkatkan. Penutupan itu belum membahas soal haji. Jadi, kami tidak bisa memastikan. Secara keseluruhan calon jamaah tersebut sudah melunasi pembayarannya dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pihaknya berharap, semua jamaah yang sudah melunasi pembiayaan pemberangkatan haji tahun ini bisa berangkat untuk menunaikan rukun islam ke lima. Diakuinya, belum bisa menjadwalkan pemberangkatan kepada semua CJH. Sebab, kondisinya belum stabil.

“Mudah-mudahan, dari semua jamaah itu segera diberangkatkan, tapi mau bagaimana lagi jika kondisinya seperti ini. Dan penentunya itu dari Arab Saudi,” jelasnya. (mal/ito)

DATA UNTUK GRAFIS, 20 NEGARA YANG TIDAK BISA MASUK KE ARAB SAUDI:

  1. ARGENTINA
  2. UNI EMIRAT ARAB
  3. GERMANY
  4. AMERIKA SERIKAT
  5. INDONESIA
  6. IRLANDIA
  7. ITALIA
  8. PAKISTAN
  9. BRASIL
  10. PORTUGAL
  11. ENGLAND
  12. TURKI
  13. AFRIKA SELATAN
  14. SEDIA
  15. SWISS
  16. FRANCE
  17. LEBANON
  18. MESIR
  19. INDIA
  20. JEPANG

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *