Belum Ada Rencana Alih Fungsi Kantor OPD Pasca Penggabungan Dinas

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) AKAN KOSONG: Salah satu kantor dinas yang diperkirakan akan kosong lantaran digabung dengan dinas lain yaitu Dians Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di gedung Islamic Center.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  – Peraturan daerah (Perda) tentang struktur organisasi dan tata kerja (SOTK), yang diproyeksikan untuk merampingkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan resmi disahkan pada 14 Desember lalu.

Setelah disahkannya Perda tersebut, maka akan ada sejumlah OPD yang akan digabung dengan OPD lain. Penggabungan tersebut, juga akan berdampak pada kosongnya beberapa kantor dinas, lantaran digabung dengan dinas lain.

Bacaan Lainnya

Kantor dinas yang diperkirakan akan kosong diantaranya, Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans). Salah satu kantor dari keduanya, diperkirakan akan dikosongkan atau dialih fungsikan menjadi satu dinas.

Selain itu, Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan yang berlokasi di kompleks kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Jawa Timur (Jatim),  dan Kantor Dinas Tanaman Panganan, Hortikultura dan Perkebunan akan disatukan menjadi satu dinas.

Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan digabung dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).  “Kalau memang kantornya sudah tidak ditempati, karena tidak ada OPD-nya ya kita jadikan satu,” ujar, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Senin (21/12/2020).

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pamekasan, Sahrul Munir mengaku, belum melakukan pembahasan dan perencanaan terkait akan kosongnya sejumlah kantor OPD setelah diberlakukannya perda SOTK. “Belum ada pembahasan gedung itu akan ditempati dinas apa. Namun yang pasti akan tetap ditempati,” ujarnya.

Namun demikian, dia mengatakan, akan ada pemindahan kantor dinas dari yang sebelumnya tidak layak ke gedung yang nantinya akan dikosongkan. Sebab,  selama ini banyak OPD yang masih kekurangan gedung. Salah satunya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil).

“Karena tempatnya sangat terbatas. Sempat ada wacana, kantor tersebut akan dipindahkan ke tempat yang lebih luas. Namun sampai sekarang belum ada pembahasan penataan,” tukasnya.  (ali/ito)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *