BelumPenuhi Syarat, 6.357 Pelaku UMKM Tidak Peroleh BPUM 2021

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENCAIRAN: Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskop UKM Pamekasan Abdul Fata  menyatakan  BPUM tahap III masih belum bisa dicairkan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Pamekasan mencatat ada 15.560pelaku usaha mikro  kecil menengah (UMKM) yang mengajukan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021.

Dari total yang mengajukan bantuan tersebut, hanya ada 9.203 pelaku UMKM yang diterima. Sisanya sebanyak 6.217 tertolak, karena tidak memenuhi syarat sebagai penerima.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskop UKM Pamekasan Abdul Fata mengungkapkan, pengajuan  BPUM tahun 2021 dalam tiga tahap. Namun, tidak yang semua yang diajukan diterima, karena persyaratan yang belum terpenuhi. Semisal, surat keterangan usaha tidak lengkap. Selain itu, penyebab lainnya yaitu pernah mendapatkan BPUM tahun 2020.

“Untuk tahap I dan II ada 8.009 pelaku UMKM yang mengusulkan, baru kemudian pada tahap III, kami sudah mengajukan sebanyak 7.551 pelaku UMKM,” tuturnya, Senin (13/9/2021).

Sementara itu, ia menambahkan, total bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM itu sebesar Rp11 miliar. Setiap penerima mendapatkan Rp1,2 juta.

“Tapi untuk usulan yang ke-III sebanyak 4.461 pelaku UMKM, sampai saat ini masih belum dibuka linknya oleh Bank Republik Indonesia (BRI). Jadi teman-teman yang sudah di Surat Kuasa (SK)-kan oleh Pak Menteri masih belum bisa mencairkan,” ungkapnya.

Pihaknya  mengaku masih melakukan koordinasi dengan bank terhadap pengusulan BPUM tahap ke-III, agar dananya segera digunakan masyarakat. Namun menurutnya, keputusan tetap berada di BRI.

“Kaitan dengan pencairan itu pasti dari BRI, karena bank pelaksananya hanya  BRI,” pungkasnya.

Pengajuan BPUM Tahun 2021

  • Total: 15.560 pelaku UMKM
  • Diterima: 9.203 pelaku UMKM
  • Ditolak: 6.357 pelaku UMKM

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *