oleh

Bentuk Komunitas Sinematografi dengan Alat Seadanya

KABARMADURA.ID, Bangkalan – Komunitas Sinematografi Bangkalan, merupakan salah satu komunitas yang menekuni pembuatan karya visual, seperti film pendek, film documentery dan fotografi atau sinematografi.

Komunitas itu terbentuk setelah sejumlah pegiat hobi visual itu, memiliki keinginan untuk membuat sebuah karya, namun keterbatasan sarana dan prasarana. Dari situlah salah satu Dosen di STKIP Bangkalan Bagus Tri Handoko memberikan saran agar membentuk komunitas di kampus.

Ketua Komunitas Sinematrografi Bangkalan Moh. Nur Zakki menceritakan, dari saran tersebut memang sempat terbesit keinginan untuk membentuk unit kegiatan mahasiswa (UKM) agar kendala keterbatasan alat terfasilitasi. Namun, niat itu dibatalkan lantaran dia dan teman-temannya ingin menjadi komunitas yang independen.

Komunitas ini sendiri, terbentuk pada akhir Maret 2017 lalu. Kini anggotanya sudah sekitar 30 orang, baik dari lingkungan mahasiswa STKIP Bangkalan, maupun mahasiswa luar. Beberapa karya telah dibuat dan pernah di ikutkannya lomba.

“Sekitar 8 film pendek yang sudah kami buat, salah satunya diikutkan lomba yang pernah diadakan Polres Bangkalan,” ujarnya, Minggu (27/9/2020).

Selain aktif berproduksi, kini komunitas ini mulai menyalurkan kesenangan dalam produksi video dengan menyediakan layanan event organizer (EO).  Adapun acara yang pernah ditangani, yakni seminar Nasional Motivator muda nomor 1 di Indonesia Syafii Efendi di Gedung Rato Ebhu.

Sebelum mendulang sukses, komunitas ini mengatasi keterbatasan sarana dalam berkarya dengan menyewa alat. Sedangkan beberapa alat lainnya ada anggota yang sudah punya. Dengan keterbatasannya itu, dia berharap, kedepannya komunitas tersebut bisa semakin berkembang. Termasuk beradaptasi dengan film-film yang sudah menjajaki ranah hiburan.

Tidak hanya senang memproduksi film, komunitas ini juga sering menggelar bakti sosial (baksos) sebagai wujud kepeduliannya terhadap sesama manusia.

“Semoga kami terus berkarya ditengah keterbatasan ini,” tutupnya. (ina/pin)

Komentar

News Feed