Berawal dari Main di Halaman Rumah hingga Berpijak di Liga 1

  • Whatsapp
(KM/ SYAHID MUJTAHIDY) KERJA KERAS: Buah perjuangan Burhanudin, stoper Madura United U18.

Kabarmadura.id-Masa depan seseorang tidak dapat dilihat sejak kecil. Hal itu dialami langsung stoper Madura United U18 Burhanudin. Pasalnya, awal suka sepak bola, ketika dia mengenyam pendidikan sekolah dasar (SD) kelas 1.

Akan tetapi, bek kelahiran 12 Agustus 2002 tersebut hanya bermain dengan teman sebayanya di halaman rumah. Dia tidak menggunakan sepatu, serta hanya memakai bat atau bambu kecil sebagai tanda gawang, terkadang juga menggunakan sandal sebagai tanda tiang gawang.

Bacaan Lainnya

“Dulu masih kelas 1 SD, banyak anak di kampung main sepak bola di halaman rumah saya. Iya, saya ikut juga main sebagai hiburan saja. Tapi lama-kelamaan saya mulai menyukai permainanan ini,” cerita Burhan kepada Kabar Madura, Senin (13/4/2020) siang.

Baru ketika naik ke kelas 2 SD, Burhan memiliki sepatu sepak bola. Setelah izin kepada kedua orang tuanya Moh. Bakir dan Maimunah, dia ikut sekolah sepak bola (SSB) Mitra Kebunagung Sumenep.

Sejak kelas 2 SD, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Sumenep itu berlatih dengan keras untuk menggapai mimpinya menjadi pemain profesional.

Secara perlahan impian tersebut mulai menemui lampu hijau. Talenta muda yang tinggal di Jalan Raya Lenteng, Batuan, Sumenep ini berhasil bermain di Elite Pro Academy (EPA) Madura United.

Tak ayal, Burhan mengaku senang, lantaran bisa keliling Indonesia bermain di stadion besar yang juga digunakan oleh kontestan kompetisi domestik tertinggi Indonesia.

“Sebenarnya saya tidak menduga. Yang dulu hanya main tanpa alas kaki di halaman rumah saya sendiri, sekarang sudah bisa merasakan main di lapangan yang secara kualitas tidak diragukan,” tandasnya.

Akan tetapi, perjalanan Burhan masih panjang. Dia baru menapaki kaki di Madura United U18. Setelah itu, Burhan ditantang harus sukses bermain di tim semi-profesional kelompok usia U20. (idy/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *