Berawal dari PIK-Remaja, Lolos 10 Besar Duta Genre Jatim

  • Whatsapp
FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) MEMBUAHKAN HASIL: Faisal pelajar asal Bangkalan sukses masuk 10 besar Duta Genre Jatim

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Warga Bangkalan patut berbangga mempunyai generasi muda yang inspiratif. Dialah Faisal Andika Pratama, salah satu Duta Genre (Generasi Berencana) Jawa Timur. Duta Genre sendiri merupakan program yang digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Dia berhasil menyingkirkan puluhan peserta dari berbagai daerah di Jatim. Totalnya ada 64 peserta dan dia lolos grand final pemilihan Duta Genre Jatim yang dimulai sejak 19 Juni lalu. Meski ketika proses seleksi 10 besar terkendala perangkatnya yang macet dan rusak, semangatnya tetap membara.

“Kendalanya ketika laptop dan komputer saya tiba tiba eror ketika beberapa jam sebelum lomba dimulai sehingga saya harus mencari pinjaman. Alhamdulillah, saya dapat pinjaman dan bisa melanjutkan seleksi,” katanya, Kamis (8/6/2021).

Ia menceritakan, bahwa sebelum menjadi perwakilan Bangkalan, ia bergabung dan berkontribusi bersama Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Ketika baru masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Bangkalan, ia langsung mendaftar dan terpilih menjadi Wakil Ketua PIK-R Jelita.

“Dan kebetulan saya dikirim bersama ketua saya untuk mewakili sekolah mengikuti pemilihan Duta Genre tingkat kabupaten, saya sedikit merasa tenang karena saya pernah mengikuti lomba tersebut pada saat di bangku SMP dan juara 2,” jelasnya.

Hal itu membuat siswa kelas 11 SMAN 2 Bangkalan ini semakin bersemangat. Hingga menjadi juara 1 Duta Genre Putra tingkat kabupaten..

“10 day challenge setelah itu saya masuk semi final dan harus melaksanakan tes berbasis daring yaitu tes tulis dan Focus Group Discussion (FGD),” tuturnya.

Pada hari kedua yakni tes wawancara dan hari ketiga yaitu tes presentasi. Tiga hari tersebut itu tentunya membuat Faisal sedikit gugup. Namun dengan tekad yang kuat dia mampu melewatinya dan masuk ke 10 besar Duta Genre Provinsi Jatim.

“Saya bisa sampai ke tahap ini tentunya berkat dukungan dan doa dari keluarga, guru,dan juga teman-teman yang selalu mensupport saya, ” tuturnya.

Sebelum masuk 10 besar Duta Genre Jawa Timur , Faisal menyebutkan butuh perjuangan. Seperti meluangkan waktu untuk belajar dan menyibukkan diri dalam kegiatan bersama PIK-R dan Insan Genre Bangkalan.

“Grand final tanggal 16 Juli 2021, mohon doanya untuk semua masyarakat Bangkalan, agar saya pulang bisa membanggakan dan membawa nama Bangkalan di Jawa Timur,” tutupnya. (ina/maf)

Beberapa prestasi yang dicapai Andika Pratama

Juara 1 lomba banjari tingkat Jawa Timur

Juara 2 lomba pencak silat Kapolres Cup tingkat kabupaten

Juara 2 lomba voli tingkat kabupaten

Juara 2 lomba sepak bola HAORNAS tingkat kabupaten

Juara 1 lomba banjari tingkat kabupaten

Juara 2 lomba jambore PIK-R tingkat kabupaten

Juara 2 Duta GenRe tingkat Kabupaten Bangkalan tahun 2019

Juara 1 Duta GenRe tingkat Kabupaten Bangkalan tahun 2021

10 Besar Duta GenRe tingkat Jawa Timur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *