oleh

Berdalih Anggaran Pusat, Pesimis Bisa Salurkan Bantuan Bibit

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DPTPHP) Sumenep mengaku pesimis bisa mendistribusikan bantuan bibit kepada masyarakat. Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Sufriadi menyampaikan, terhitung sejak tiga tahun terakhir tidak ada distribusi bantuan bibit untuk pengembangan tanaman yang berpotensi di ujung timur Pulau Madura ini.

“Sebenarnya banyak yang bisa dikembangkan sendiri oleh masyarakat, seperti pohon kelor, pohon pisang, dan yang lainnya, tidak harus menunggu bantuan dari kami atau dari pemerintah, karena sampai saat ini juga masih belum ada bantuan untuk itu,” katanya, kemarin.

Termasuk pengembangan pertanian melalui pembibitan yang tahun 2020 ini tidak ada kepastian akan mendapatkan paket-paket bantuan. Meskipun sebagian kecil untuk tahun 2019 telah direalisasikan dikarenakan jatah atau kouta yang disediakan sangat sedikit.

Pihaknya menyebutkan, sekitar 4 tanaman varietas nonlokal juga sempat disalurkan kepada masyarakat yang menekuni di bidang pertanian, salah satunya apukat  dengan jumlah 500 bibit yang untuk pengawasan pengembangannya diserahkan ke tim teknis di lapangan.

“Kalau saya tidak tahu terkait kondisinya saat ini, karena kami itu sudah mempunyai tim khusus di tiap-tiap kecamatan yang memastikan perkembangan bantuan bibit itu,” imbuhnya.

Selain itu bibit yang sudah disalurkan kepada masyarakat adalah pepaya 500 bibit, bibit pohon duren sebanyak 500, dan terakhir yang paling banyak itu pohon mangga sebanyak 25 ribu bibit. Dengan jumlah yang sangat sedikit tersebut, tahun ini pihaknya berharap ada tambahan bantuan yang bersumber dari dana pusat. (ara/pai)

 

 

 

Komentar

News Feed