Berdalih Masih Proses Lelang, Pelebaran Sungai Kalianjuk Belum Dimulai

  • Whatsapp
(KM/IMAM MAHDI) LAMBAN: Masyarakat berada di sungai Kabupaten Sumenep

Kabarmadura.id/Sumenep-Proses pelebaran Sungai Kalianjuk di Desa Patean, Kecamatan Batuan belum dikerjakan. Padahal, proyek tersebut sudah lama direncanakan, namun belum juga terealisasi. Kepala Bidang (Kabid) Waduk Sungai Pantai Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Sumenep Noer Lisal Ambiyah mengatakan, proyek pelebaran sungai masih dalam tahap pelelangan.

“Lambatnya proyek karena masih belum selesai di LPSE,” katanya, Senin (30/3/2020).

Dijelaskan, aggaran yang disiapkan senilai Rp 2,1 miliar dengan pelebaran sekitar 10 meter dari sebelumnya sekitar 5 meter. Sehingga, jika terealiasi sungai kalianjuk menjadi 15 meter.

“Pelebaran secara bertahap akan terus dilakukan pada tahun berikutnya,” paparnya.

Ia menambahkan pelebaran tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya banjir atau genangan di daerah perkotaan.

“Jika diperlebar, maka potensi banjir akan berkurang,” ujarnya.

Pembangunan tersebut sebelumnya sudah menelan anggaran miliaran rupiah. Pada tahun 2018 dianggarkan Rp1 miliar, dan tahun 2019 Rp1,4 miliar.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Sumenep Dulsiam mendorong atas upaya pemerintah dalam rangka menanggulangi banjir. Ia mendesak pelebaran sungai agar cepat dilakukan. Tujuannya, selain mengantisipasi genangan dan banjir juga untuk mengantisipasi labrak deadline yang ditentukan.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh OPD agar pengerjaan proyek di tahun 2020 cepat diselesaikan,” pungkasnya. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *