oleh

Bergejolak, Nakes di Sampang Tidak Kunjung Terima Inentif

Kabarmadura.id/Sampang-Para tenaga medis (nakes) yang berjuang dalam menangani wabah Covid-19 di Kabupaten Sampang, hingga kini belum menerima insentif. Padahal insentif tersebut merupakan hak para nakes yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

Atas kondisi tersebut, Ketua Pansus covid-19 DPRD Sampang Moh. Iqbal Fatoni mengaku sangat kecewa, lantara insentif nakes tidak kunjung diberikan. Dia mengatakan, berdasarkan laporan dari teman-teman nakes, ada konflik internal antara para nakes di RSUD dr Mohammad Zyn Sampang.

Bahkan dalam laporannya, ada nakes yang sampai pinsang, karena menangani banyak pasien sendirian. padahal kondisi itu sangat memperburuk terhadap pelayanan kesehatan pasien Covid-19.

Untuk itu, pihaknya mengusulkan agar nakes dengan status ASN yang tidak mau bekerja atau piket di RSUD, untuk dipindahtugaskan ke daerah yang jauh, sementara kalau nakes yang sukwan lebih baik dipecat saja.

“Saat ini nakes sangat dibutuhkan, mereka pahlawan di garda terdepan dalam menangani wabah Covid-19 ini,” ujar Moh. Iqbal Fatoni, Minggu (288/6/2020).

Selain itu, dirinya mengusulkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang dan pihak RSUD untuk segera mencairkan insentif para nakes. Parahnya, saat ini para nakes sudah diterpa isu yang luar biasa, mereka dituding mendapatkan uang ratusan juta dari Covid-19.

“Faktanya insentif saja belum diterima oleh mereka, bahkan gesekan diantara nakes sudah mulai bergejolak,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi menerangkan, insentif nakes masih proses pengajuan. Insentif untuk nakes itu antara Rp5 juta sampai Rp15 juta.

Sementara nakes yang mendapatkan insentif itu, yakni nakes yang bertugas di ruang rawat isolasi di balai latihan kerja (BLK) dan RSUD Sampang. Sayang, pihaknya tidak bisa membeberkan jumlah nakes yang mendapatkan insentif tersebut.

“Untuk pengajuannya sudah dikirim ke pusat, kami tinggal tunggu transfer saja dari pusat,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed