Berhenti Berikan Izin Toko Modern, Pemkab Pamekasan Fokus Bangun Wamira Mart

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) BELA UMKM: Angin segar untuk para pelaku UMKM. Sebab, Pemkab Pamekasan tidak akan memberikan izin baru untuk toko modern.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan berhenti memberikan izin terhadap pendirian toko modern di wilayah setempat. Hal itu sebagai bagian dari langkah memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melaui program warung milik rakyat (wamira).

Hal itu diungkapkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat pertemuan dengan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Madura Raya, Senin (28/6/2021) lalu).

Bacaan Lainnya

“Kami (pemkab, red) tidak akan mengeluarkan izin baru toko modern,” tegas Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur itu.

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, UMKM di Pamekasan menjadi salah satu sektor ekonomi yang harus bersama-sama dibela. Sebab menurutnya, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat.

Untuk memfasilitasi kemajuan UMKM itu, pihaknya akan membangun 20 wamira mart yang akan menampung produk karya wirausaha baru (WUB) di Pamekasan.

Pria yang akrab dipanggil Mas Tamam itu berkeyakinan, berbagai potensi dan produk di masing-masing desa di Pamekasan bisa bersaing dengan produk luar daerah. Sehingga saat hendak mencari produk tertentu tinggal mendatangi kampung tersebut. Dengan begitu menurutnya ekonomi masyarakat akan meningkat.

Tentu kata dia, upaya itu harus dibarengi kebijakan tegas dengan menutup akses toko modern yang tidak pro terhadap UMKM.

Di samping itu, Pemkab Pamekasan akan memberikan kemudahan pada pelaku UMKM, mulai dengan memberikan pinjaman modal kepada seluruh pelaku UMKM binaan WUB dengan bunga 0 persen, hingga memberikan pelatihan dan bantuan peralatan kepada mereka. Bahkan, pihaknya masih akan membantu pelaku WUB dari segi pengemasan.

“Warung yang sudah ada akan kami branding. UMKM yang sudah aktif akan kami kemas untuk dipasarkan,” ucap Mas Tamam.

Ketua Fraksi PKB DPRD Pamekasan Khairul Umam mengapresiasi langkah tegas Bupati Pamekasan. Menurutnya, memperjuangkan UMKM merupakan pilihan tepat untuk memulihkan kembali ekonomi nasional dari tingkat bawah. Sebab menurutnya, dampak Covid-19 sejatinya benar-benar terasa dan menyiksa masyarakat bawah.

“Ini bagus sekali. Kami apresiasi. Kalau bukan pemerintah yang membela rakyat kecil lalu siapa lagi,” ucap alumnus Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan itu. (ali/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *