Beri Layanan Prima, Rutan Kelas II B Sumenep Maksimalkan Kospa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) LAYANAN PRIMA: Saat Plt Karutan Kelas ll B Sumenep Ridwan Susilo (tengah) mengarahkan keluarga berbicara dengan napi.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada para narapidana (napi), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas ll B Sumenep memfasilitasi kunjungan online saat pandemi (kospa).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas ll B Sumenep Ridwan Susilo menjelaskan, meski kabupaten berjuluk Kota Keris ini sudah masuk kategori penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, tetapi tidak ada rekomendasi kunjungan dan bertemu langsung dengan napi.

“Sampai saat ini keluarga napi belum bisa dibesuk langsung. Itu bermula saat pandemi, kurang lebih 2 tahun tidak ketemu keluarga. Kan pasti rindu dengan keluarga,” kata Ridwan, Kamis (16/9/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Pamekasan itu menjelaskan, sebagai bentuk pelayanan prima rutan, maka diberikan layanan kospa.

Setiap pengunjung yang biasanya hanya menitip barang, saat ini diberi layanan zoom meeting. Pelayanan itu selain fasilitas di Rutan Kelas ll B, untuk layanan di luar Sumenep termasuk di kepulauan juga bisa terlayani dengan seefektif mungkin. Apalagi jumlah napi mencapai 325 dan 50 lebih masyarakat kepulauan.

“Apalagi masyarakat kepulauan untuk sekedar bertemu keluarganya di sini, tidak hanya rugi waktu tetapi juga materi. Bayangkan saja, ongkos pulang pergi saja Rp1 juta tidak cukup, sedang mereka tidak mungkin langsung pulang, secara otomatis butuh biaya menginap dan makan selama menunggu kapal untuk balik,” imbuhnya.

Guna menghemat itu, maka layanan zoom meeting itu akan terus dilaksanakan, termasuk untuk memberikan kemudahan kepada keluarga napi yang dari luar Sumenep.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *