oleh

Berlaku 4 Bulan, BLT Pekerja Bakal Dicairkan Akhir Agustus

Kabarmadura.id/Sampang-Pencairan bantuan subsidi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta, bakal dicairkan pada akhir Agustus mendatang. Pekerja yang akan mendapatkan bantuan harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, dan tidak di-PHK. Selama empat bulan, akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2,4 juta, dengan rincian satu bulannya Rp600 ribu.

Kasi Hubungan Perindustrian Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, Heru Suhendra mengatakan, penyaluran bantuan subsidi untuk karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta akan dilakukan pada akhir bulan Agustus. Hal itu berdasarkan informasi dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang beredar di media sosial, bahwa pemberian bantuan tersebut akan mulai dilakukan pada 25 Agustus mendatang.

Adapun pemberitahuan secara resmi berbentuk surat ke Diskumnaker Sampang hingga saat ini belum ada.

“Informasi di media sosial, untuk penyaluran bantuan karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta dan terdaftar di BPJS akan dilakukan pada 25 Agustus ini,” ungkapnya, Selasa (18/8/2020).

Ia menambahkan, saat ini pendaftaran sudah ditutup. Sehingga, jika ada pekerja yang memang tidak mampu dan menginginkan untuk dapat bantuan program ini tidak bisa, meski sudah mengurus untuk terdaftar di BPJS.

Adapun untuk perusahaan yang memiliki karyawan gaji di bawah Rp5 juta, pihaknya mengaku sudah melakukan sosialisasi dan mengimbau agar secepatnya melakukan pengajuan.

“Pendataannya sudah ditutup mulai tanggal 13 Agustus kemarin, jadi ketika ada pekerja yang mau daftar saat ini tidak bisa,” imbuhnya.

Kendati demikian, saat ditanya jumlah pekerja yang mendapatkan bantuan program ini pihaknya mengaku tidak tahu. Sebab, yang melakukan pendataan itu dari pihak BPJS Ketenagakerjaan. Diskumnaker Sampang hanya bertugas sosialisasi dan menghimbau agar pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta dan terdaftar di BPJS tahu dengan program ini.

Namun, untuk pekerja di Sampang hingga saat ini tercatat sebanyak 2.269, tetapi tidak semua pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta ini terdaftar di BPJS.

“Kalau yang mendapatkan bantuan itu berdasarkan data yang terdaftar di BPJS berarti 1.610, tapi pastinya saya tidak tahu, takutnya ada pekerja yang BPJS nya sudah tidak aktif,” pungkasnya. (mal/pai)

Komentar

News Feed